Senin, 22 Desember 2014 Sign In | Sign Up
Kons. Erwin HawawinataSenin, 3 Maret 2008 - 13:05 wib

Perbedaan Fungsi Dapur Kotor & Dapur Bersih

-
BAPAK Erwin yang saya hormati. Senang bisa berkenalan dengan Anda. Saya Amelia dari Jakarta, ingin menanyakan fungsi dapur kotor dan dapur bersih.

Selama ini saya menggunakan dapur untuk segala macam aktivitas untuk memasak. Dapur tersebut memang satu-satunya yang saya miliki. Jadi, apapun yang berhubungan dengan kegiatan memasak saya lakukan di situ. Tapi sebenarnya bagus itu bagus enggak? Terima kasih.

Jawaban:

Dear Saudari Amelia, salam kenal juga untuk Anda dan keluarga. Terkadang keterbatasan ruangan dalam sebuah hunian memang membutuhkan pemikiran yang ekstra hati-hati serta ide-ide yang kreatif untuk bisa memaksimalkan ruangan yang ada dengan baik dan efisien.

Menurut saya, tidak ada masalah bila fungsi dapur kotor dan dapur bersih dijadikan satu dalam sebuah hunian, terlebih lagi apabila ruangan yang kita miliki tidak terlalu besar.

Perlu Anda ketahui bahwa istilah dapur kotor dan dapur bersih sebenarnya hanya ada di Asia, sedangkan seperti yang kita ketahui di dalam kebudayaan Barat, sang pemilik rumah mendisain dapur bersih dan dapur kotor atau pantry secara bersamaan atau dapat dikatakan dalam satu lokasi yang sama. Oleh karena itu mereka jarang sekali menggunakan jasa pembersih rumah (pembantu) seperti layaknya di Indonesia. Hal penting yang harus diingat adalah tetap menjaga kebersihan dan kerapihan dapur setelah pemakaian.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila anda memiliki dapur yang multifungsi, contohnya:

1. Perhatikan sirkulasi udara ketika memasak. Terkadang dapur kotor identik dengan "memasak besar" yang terkesan banyak asap dan banyak minyak. Nah dengan sirkulasi udara yang baik (exhaust fan), Anda bisa mendapatkan dapur yang bersih dan segar.

2. Perhatikan rak-rak untuk penyimpanan alat-alat yang telah digunakan dan yang telah dibersihkan, karena dapur yang baik identik dengan kerapihan dan kebersihan.

3. Cahaya yang cukup (penerangan)

4. Ada baiknya Anda memisahkan area untuk memotong buah atau sayuran dengan area untuk memotong dan mencuci daging atau ikan, hal ini untuk menghidari aroma tidak sedap yang timbul ketika melakukan aktivitas dapur.

5. Sedikit tambahan agar lebih menyenangkan ketika anda di dapur, Anda dapat meletakkan radio kecil atau CD player untuk membuat suasana dapur menjadi lebih menyenangkan ketika Anda berada di sana. Sekian saran dari saya selamat mencoba ya!

Salam

Erwin Hawawinata
General Manager dan Chief Designer Da Vinci Indonesia
(tty)
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA TERKAIT
    FOTO LAINNYA
    VIDEO LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    x
    Kenali New Mobile Okezone