okezone
Home » Lifestyle » Fashion
Metamorfosa Biyan Brides
Jum'at, 25 April 2008 - 16:06 wib
detail Foto: Eko Purwanto/Sindo enlarge this image

BARU sebulan lalu koleksi Studio 133 diperkenalkan ke pecinta mode Indonesia, Biyan Wanaatmadja sudah kembali merilis koleksi baru. Koleksinya tersebut diberi judul "Biyan Bride Luxe Collection 2008".

Koleksi yang ditampilkan di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Kamis (24/3/2008) malam, memang begitu menarik dan menyimpan banyak pesona. Biyan mengibaratkan koleksinya itu sebagai sebuah perjalanan hidupnya dalam meniti karier sebagai perancang busana.

"Dalam pergelaran kali ini saya ingin mengumpulkan beautiful momen through out of my carrier. Setiap gaun yang saya buat seperti bagian dari diri saya sendiri. Saya rasa 25 tahun cukup lama berkarya di bidang yang saya sukai," ungkap pria yang selalu memberi warna baru dalam perkembangan dunia mode Tanah Air.

Biasanya almamater pendidikan mode di Muller & Sohn Privat Mode Schule di Duesseldorf, Jerman dan The London College of Fashion di London, Inggris ini selalu melansir koleksi brides setiap Juli. Namun, khusus tahun ini, dia sengaja memajukannya.

"Pergelaran Biyan brides memang berlangsung lebih cepat. Tahun lalu bulan Juli, tetapi tahun ini bulan April dan menjadi rangkaian perayaan 25 tahun Biyan berkarya," kata Biyan.

Untuk pergelaran kali ini, Biyan sengaja berkolaborasi dengan Preston Bailey selaku event organizer (EO). Preston mendekor venue yang luar biasa untuk Biyan. Di depan hotel Dharmawangsa dipasang burung merak yang dibuat dari bunga mawar dan anggrek berwarna lembut seperti merah muda, salem, dan pastel.

"Saya terinspirasi dari Biyan, karena Biyan cenderung memakai warna-warna pucat dalam setiap hasil karyanya," jelas Preston yang hadir di acara tersebut.

Ditambahkan Biyan, sebelum menggelar peragaan busana dirinya berkomunikasi dengan Preston guna menyampaikan apa yang diinginkan. "Saya berkomunikasi dengan Preston untuk acara ini. Kami punya kesamaan visi dan cara memulai sesuatu. Kami juga punya kesamaan cara pandang melihat sesuatu. Mulanya dari situ yang membuat kami memutuskan dapat berkolaborasi," beber Biyan, yang sempat "nyasar" di bangku kuliah jurusan arsitektur di sebuah akademi di Hannover itu.

Sebanyak 30 baju pengantin yang ditampilkan dalam tiga sesi itu memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Koleksinya sangat lembut dengan pilihan gaya yang begitu up to date.

"Koleksinya memang halus sekali karena diambil dari karakter saya yang lembut dan tidak suka membuat sesuatu just the sake of heboh. Jadi ketika seorang desainer berkarya harus ada arti. Tidak hanya glame, karena kita tidak hanya punya visi dan misi saja, tetapi juga melihat pada keinginan pengantin," terang pria kelahiran Surabaya itu panjang lebar.

Masih menurut Biyan, baik koleksi baju, venue dan acara yang digelar harus mencitrakan kesan cantik serta memorable.

"Saya tidak hanya membuat koleksi ini untuk kepuasan diri sendiri. Tapi saya selalu ingin membuat busana pengantin yang related dengan imajinasi pengantin. Bukan mereka yang terintimidasi oleh keinginan saya," bebernya.

Berkat prinsipnya itu, sudah terbukti banyak para kaum hawa yang merasa dirinya menjadi seorang wanita tercantik di dunia setelah mengenakan baju rancangannya. Kesan feminin yang amat kuat dari setiap apparel hasil karyanya seperti menjadikan pemakainya merasa utuh sebagai wanita.

"Untungnya saya diberi talenta untuk bekerja di profesi ini. Saya senang membantu orang lain untuk dapat tampil cantik dan merealisasikan keinginan mereka," ucap Biyan seraya tersenyum.

Pengantin di Indonesia, sambungnya, selalu melibatkan keluarga besar. Untuk itu, tampil sempurna di hari yang spesial adalah dambaan setiap pasangan pengantin. Gaun pengantin yang cantik dapat memberi makna yang dalam bagi pasangan pengantin.

"Umumnya pengantin di Indonesia selalu melibatkan big family affair dan itu diterjemahkan lewat volume, tekstur, dan layer. Layer sangat penting karena saya ini produk orang Timur yang adatnya selalu berlapis dan saya pikir layer itu sesuatu yang indah," tukasnya. (Nsa Lesthia K/Sindo) (tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 2.658 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Biyan Wanaatmadja
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1336 seconds -i189-