Jum'at, 19 Desember 2014 Sign In | Sign Up
PLTG Sambera Belum Beroperasi Maksimal
Foto: corbis
IndustriSenin, 10 Agustus 2009 - 19:57 wib

PLTG Sambera Belum Beroperasi Maksimal

Amir Sarifudin - Okezone
BALIKPAPAN - Operasional Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Sambera di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang dibangun dengan dana hampir Rp500 miliar hingga kini masih belum bisa beroperasi optimal. Ini terjadi karena pipa yang mengalirkan pasokan gas dari sumur gas ke turbin pembangkit PLTG belum dibangun.

Kepala PLN Regional Kaltim Ahmad Siang, mengatakan gas untuk PLTG belum bisa tersalurkan lantaran belum ada pipa yang menghubungkan sumur gas dengan pembangkit. Sumur gas itu milik perusahaan gas PT Samco.

"Gas sendiri sebenarnya sudah ada di sekitar itu. Tapi belum ada pipa untuk menyalurkan gas dari sumur ke pembangkit," kata Ahmad, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (10/8/2009).

PLTG Sambera kapasitas 2x20MW dibangun di Km 15 Poros Samarinda-Bontang, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kukar, senilai Rp485,84 miliar. Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono, pada pertengahan Juli 2009 lalu telah meresmikan pembangkit ini.

Pembangkit ini bermesin fleksibel, dengan gas berkapasitas maksimal 10 MMBTU yang merupakan bahan bakar utama. Namun, pembangkit bisa memanfaatkan solar bila pasokan gas tidak ada. Akibat belum adanya jalur distribusi gas ke pembangkit, PLTG Sambera terpaksa beroperasi  dengan bahan bakar solar. "Tiap bulannya butuh Rp29 miliar untuk pembelian solar PLTG "jadi inefisiensi," katanya.

Kedekatan pembangkit dengan sumur gas menjadi salah satu alasan mendirikan pembangkit di situ. Padahal kata Ahmad, jarak antara sumur dengan pembangkit hanya 1,1 Km. Semula PLN berharap pipa diameter delapan inci bisa terhubung dari pembangkit ke Samco, sebagai operator sumur gas.

"Harapannya saat itu ketika pembangkit dibangun sudah dengan menejemen pipa. Tapi ternyata tidak. Sekarang sedang kembali dibicarakan, siapa yang mau bangun pipa. Bisa PLN, atau swasta atau bisa juga Samco," kata Ahmad. (ade)
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA TERKAIT
    FOTO LAINNYA
    VIDEO LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    x
    Kenali New Mobile Okezone