okezone
Home » Autos » Auto Mobil
Tes Keandalan Bridgestone Turanza GR90
Rabu, 26 Mei 2010 - 09:35 wib
Prasetyo Adhi - Okezone
detail (Foto: Prasetyo/okezone) enlarge this image

JAKARTA- Digempur kompetitor yang diimpor langsung dari negara asalnya membuat PT Bridgestone Tire Indonesia (BSI) seakan menjadi pemain tunggal di pasar ban khusus mobil premium CBU.

Dengan diproduksi di dalam negeri Turanza GR90 diklaim lebih sesuai dengan kondisi jalan raya di Indonesia dibanding kompetitornya yang diimpor langsung.

Seperti apa kehebatan ban terbaru Bridgestone khusus mobil premium yang diproduksi di Karawang tersebut? Okezone pun mendapatkan kesempatan menjajal ban ini melintasi empat karakter medan jalan yang berbeda.

Bertempat di Proving Ground Bridgestone di kawasan Karawang, Jawa Barat, tes keandalan Turanza GR90 ini disandingkan dengan dua merek ban lain yang diimpor langsung yakni Michelin Primacy LC dan Toyo Proxes.

Pertama-tama okezone dipersilahkan untuk melintasi medan jalan berbeton. Di sini tingkat kebisingan ketiga ban tersebut. Hasilnya, Turanza terdengar paling senyap, diurutan kedua ada Toyo, sementara Michelin terdengar paling bising ketika dipakai melintas di jalan beton.

Tes kedua ketiga ban yang dijalan menggunakan Toyota Camry di tiga unit berbeda, diajak melintasi jalan basah. Saat mengemudikan mobil yang menggunakan ban Michelin dan Toyo, lingkar kemudi seakan mengalami gejala oversteer. Namun gejala tersebut tidak muncul ketika ban Turanza GR90 yang digunakan. Handling sedan Toyota itu pun terasa mantap dijalan basah.

Selesai melintasi jalan berair, ketiga ban itu kemudia diuji menempuh jalur yang kurang rata. Disini lagi-lagi Turanza GR90 yang terasa paling senyap dibanding dua kompetitornya. Selain itu ban Bridgestone tersebut juga terasa paling empuk saat melewati jalan berlubang.

Pengujian terakhir, okezone melintasi deretan tambang-tambang berukuran besar yang disusun berjejer guna mengetahui sejauh mana elastisitas karet dari ketiga ban tersebut. Melalui tes ini lagi-lagi Turanza GR90 terasa membuat bantingan mobil menjadi tetap lembut dibanding ketika mobil menggunakan kedua ban yang berbeda tadi.

Dengan banderol mulai dari Rp1,3 juta untuk ukuran mulai dari R 17 205/40, 215/45, 215/50, 215/55, 225/45 dan ukuran R 18 215/35, 225/40, Turanza GR90 layak dijadikan pilihan bagi mereka yang memiliki mobil-mobil premium. (uky)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 1.536 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Ban Mobil
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1145 seconds -i111-