okezone
Home » Economy » Sektor Riil
Surabaya & Palembang Jadi Pilot Project Penggunaan BBG
Kamis, 26 Agustus 2010 - 10:54 wib
Andina Meryani - Okezone
detail ilustrasi enlarge this image

JAKARTA - Penggunaan bahan bakar gas (BBG) untuk transportasi umum akan diuji coba di Surabaya dan Palembang sebagai pilot project pada tahun depan.

Dirjen Migas Evita Legowo menjelaskan, pemilihan kedua daerah tersebut dengan pertimbangan adanya sumber gas dan penduduknya yang cukup padat. Nantinya, di masing-masing daerah akan didirikan satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG). Sedangkan mengenai jumlah kendaraan umum yang bisa dilayani SPBG tersebut, tergantung pada kapasitasnya.

“Tahun ini kita mulai bicara feed-nya. Pilot project di Surabaya dan Palembang,” ujar Evita sebagaimana dikutip dari situs resmi Ditjen Migas, di Jakarta, Kamis (26/8/2010).

Menurutnya, pemanfaatan BBG untuk transportasi belum maksimal karena beberapa hal di antaranya keterbatasan jaringan pipa distribusi gas bumi, harga converter kit mahal, investasi dan biaya operasi SPBG lebih mahal, marjin bagi pengusaha SPBG yang belum menarik serta adanya opini masyarakat bahwa penggunaan BBG memiliki risiko keamanan yang lebih besar dibandingkan BBM.

Sementara itu, Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh selaku Ketua Harian Dewan Energi Nasional (DEN) beberapa waktu lalu pernah mengemukakan bahwa dengan memperbanyak penggunaan gas untuk transportasi umum di kota-kota besar merupakan langkah konkrit untuk mempercepat turunnya subsidi BBM. Oleh karena itu, DEN berpikir untuk lebih bersungguh-sungguh mengalokasikan kembali anggaran infrastruktur BBM dan BBG.

Untuk mewujudkan penggunaan BBG bagi transportasi umum, hasil sidang DEN menyatakan bahwa pemerintah perlu menyusun kebijakan pemanfaatan gas untuk transportasi yang lebih terintegrasi dan roadmap pengembangan jaringan gas dan SPBG. Pemerintah juga perlu mereposisi BUMN terkait penyediaan energi nasional seperti PT PLN, PT PGN, PT Pertamina dan PT Bukit Asam untuk lebih mengendalikan BUMN tersebut dalam penyediaan energi nasional.

Selain itu perlu juga untuk memperkuat koordinasi berbagai sektor seperti Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Daerah serta memastikan ketersediaan dana untuk pembangunan infrastruktur BBG.(adn) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 734 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: BBG
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1168 seconds -i111-