okezone
Home » International » Timur Tengah
Kuburan Massal Ditemukan di Suriah
Senin, 13 Juni 2011 - 10:56 wib
Fajar Nugraha - Okezone
detail Pasukan Suriah (Foto: AP) enlarge this image

JISR AL-SHUGHOUR - Kuburan massal ditemukan di Kota Jisr al-Shughour, Suriah di saat pasukan pemerintah berhasil mengambil alih kendali kota tersebut dari pihak oposisi pemerintah. 


Sebanyak 10 jasad ditemukan di depan gedung markas polisi Jisr al-Shughour. Diperkirakan seluruhnya adalah anggota polisi setempat, karena ditemukan masih mengenakan seragam. Penemuan jasad ini berlangsung setelah pasukan Suriah mengambil alih kekuasaan, setelah sebelumnya terlibat baku tembak dengan pihak oposisi.

Pasukan Suriah berhasil memasuki Kota Jisr al-Shughour setelah melumpuhkan ranjau yang dipasang di jalanan kota serta jembatang. Serangan yang dipimpin oleh adik Presiden Bashar Al-Assad Maher, memaksa empat ribu warga mengungsi keluar menuju Turki.

Kota strategis yang berada di antara Aleppo dan Latakia selalu dipenuhi aksi demonstrasi besar dari pihak oposisi pemerintah. Warga mengkhawatirkan akan adanya balas dendam dari prajurit pemerintah Suriah, saat 120 pasukan mereka tewas diserang pekan lalu.

Sebelumnya pada Jumat 10 Juni lalu, 36 pihak pengunjuk rasa anti-pemerintah dilaporkan tewas saat pasukan pemerintah melakukan aksi penyerangan di Maarat al-Numaan. Serangan tersebut melibatkan helikopter tempur pemerintah.

Sementara mengantisipasi pengungsi Suriah yang menyeberang ke Turki, Perdana Menteri Turki Reccep Tayip Erdogan mengakui pihaknya tidak dapat melarang masuknya pengungsi. "Kita tidak bisa menutup pintu kepada orang yang menyelamatkan diri dan terbang ke Turki. Pemerintah harus menerima mereka," ungkap PM Erdogan seperti dikutip Daily Mail, Senin (13/6/2011).

Diperkirakan pengungsi Suriah yang menyeberang ke Turki, akan menyampai jumlah 100 ribu orang. Mereka terus berdatangan menghindari aksi kekerasan yang terjadi di Suriah.
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 133 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Krisis Suriah
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1059 seconds -i189-