okezone
Home » International » Timur Tengah
Kapal Perang Dikerahkan, 26 Warga Suriah Tewas
Senin, 15 Agustus 2011 - 07:50 wib
Fajar Nugraha - Okezone
detail Serangan pasukan Suriah (Foto: Reuters) enlarge this image

AMMAN - Militer Suriah mengerahkan kapal perang dalam serangan baru di Latakia. Sebanyak 26 warga sipil dilaporkan tewas dalam insiden ini.


Dibantu dengan tank, kapal perang Suriah menembakkan artileri ke kota pelabuhan di Mediterania itu pada Minggu kemarin waktu setempat.

Presiden Suriah Bashar Al Assad tidak mengindahkan kecaman dunia internasional.
Sejak awal Ramadan, pasukan loyalis Assad terus melancarkan serangan ke beberapa kota yang kerap melakukan aksi protes menentang pemerintah. 
Para penentang Assad menginginkan sang Presiden mengakhiri kekuasaan yang sudah berlangsung selama 41 tahun.

"Saya dapat melihat bayangan dari dua kapal berwarna abu-abu. Mereka melepaskan tembakan di wilayah Al Raml Al Filistini, dan Al Shaab," ujar seorang warga Latakia seperti dikutip Reuters, Senin (15/8/2011).

Serangan terhadap Latakia bukan kali pertama, tiga bulan lalu pasukan Suriah diturunkan ke kota ini untuk mengatasi aksi protes menentang Assad.

"Serangan terbaru ini lebih intens dari sebelumnya. Siapa pun menjadi sasaran empuk dari pihak militer. Mereka benar-benar ingin menghabisi aksi demonstrasi warga," ucap warga.

Sekira 20 ribu warga sebelumnya melakukan protes anti-Assad setiap harinya usai berbuka puasa di Latakia. Hal ini sepertinya membuat berang Assad dan melancarkan serangan ke kota tersebut.

Sementara Pemerintah Suriah membantah militer mengerahkan kapal perang untuk menyerang para demonstran. Pemerintah membela diri bahwa mereka mengejar kelompok dianggap teroris dan telah mengganggu keamanan. 
(faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 134 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Krisis Suriah
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1038 seconds -i189-