okezone
Home » Economy » Economy Adv
Atut Gubernur Lagi, Ekonomi Banten Melesat
Senin, 24 Oktober 2011 - 19:13 wib
detail Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah (ist) enlarge this image

SERANG - Nama Provinsi Banten bakal tercatat secara monumental dalam sejarah Indonesia, bila kelak Jembatan Selat Sunda (JSS) yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera sudah beroperasi. Pasalnya, jembatan yang membentang di atas lautan antara Provinsi Banten dan Lampung tersebut bakal menjadi rekor baru dunia sebagai jembatan terpanjang, yaitu 31 kilometer.

Jembatan yang diperkirakan dapat mulai dioperasionalkan pada 2025 itu, merupakan sebuah megaproyek karena diprediksi bakal menelan biaya Rp100 triliun. Tentu saja, JSS akan membuat posisi Banten sebagai provinsi di Ujung Kulon Pulau Jawa ini, menjadi sangat strategis dan menerima dampak ekonomi yang luar biasa besar.

Adalah gubernur Banten, Hj Ratu Atut Chosiyah yang memiliki andil besar dalam merealisasikan proyek raksasa tersebut. Dia terus melakukan kontak dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Presiden Bambang Yudhoyono agar segera menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang JSS.

Terakhir, Ratu Atut menanyakan langsung soal Perpres sebagai payung hukum pembangunan JSS kepada SBY pada acara haul Syeikh Nawawi Al-Bantani Ke-118, 23 September yang lalu, di Pondok pesantren An-Nawawi, desa Tanara, Banten. "Kalau bisa Perpresnya buru-buru dikeluarkan," ujar Ratu Atut.

"JSS untuk mengintegrasikan perekonomian Jawa dan Sumatera. Pembangunan juga berguna untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas investasi berskala besar yang perlu didukung dengan langkah-langkah terpadu dalam bentuk pengembangan wilayah terutama kawasan sekitar Selat Sunda. Jembatan tersebut bisa dipastikan akan bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi Banten, khususnya wilayah bagian selatan," katanya.

Permintaan Atut langsung direspon positif oleh SBY.  "Insya Allah dalam waktu dekat keppres bisa dikeluarkan. Sebagai bentuk pertanggungjawaban saya, Insya Allah sebelum 2014 bisa dimulai pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS)," kata Presiden SBY.

Saat ini Ratu Atut termasuk salah satu calon Gubernur Banten dan menggandeng H Rano Karno, pada Pemilukada Banten 2011, Sabtu (22/10/2011). Berdasarkan lembaga yang menyelenggarakan hitung cepat, hasil sementara menunjukkan pasangan Atut-Rano masih unggul dari dua rivalnya, yaitu Wahidin Halim-Irna Narulita dan Jazuli Juwaini-Makmun Muzaki.

Jika pasangan Rano Karno ini dilantik kembali sebagai Gubernur Banten untuk periode 2012-2017, dapat dipastikan Ratu Atut akan lebih optimal mengawal pembangunan jebatan tersebut. Pasalnya, ia paham betul bahwa JSS akan memberikan manfaat besar bagi laju pertumbuhan ekonomi rakyat Banten secara keseluruhan, yang pada gilirannya dapat mempercepat peningkatkan kesejahteraan.

Selain megaproyek JSS, Ketua DPP Partai Golkar ini juga berjanji akan mendorong realisasi megaproyek Bendungan Karian, yang Kabupaten Lebak. Pasalnya, menurut dia, bendungan tersebut akan memberikan manfaat besar bagi pemenuhan kebutuhan rakyat Banten terhadap jaminan ketersiaan air baku. Selain itu, kebutuhan pertanian dan industri juga bakal terjamin pada tahun-tahun yang akan datang.

"Saya akan memberikan perhatian besar terhadap realisasi Bendungan Karian, karena mengingat betapa besarnya manfaat yang akan didapatkan oleh rakyat Banten, khususnya Kabupaten Lebak. Bendungan Karian juga akan mengatasi masalah kebutuhan air bersih pada musim kemaru," tutur Atut.

Laju pertumbuhan ekonomi regional Banten telah mengalami peningkatan yang sangat pesat sebesar 6,25 persen. Ratu Atut memperediksi pertumbuhan akan melaju semakin cepat, jika proyek pembangunan pabrik baja, Jembatan Selat Sunda dan Bendungan karian sudah beroperasi. "Proyek-proyek itu akan menyerap banyak tenaga kerja dan memberikan multiplayer effect," katanya.

Pendek kata, apabila Ratu Atut kembali dipercaya memimpin, percepatan pembangunan dan laju pertumbuhan ekonomi Banten akan mengalami perkembangan yang sangat pesat. (bs) (adv) (/) (rnd)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 96 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Ratu Atut
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.4174 seconds -i189-