okezone
Home » Property » Housing
Tinggi Plafon Rumah yang Ideal
Kamis, 19 Januari 2012 - 08:00 wib
Nur Januarita Benu - Okezone
detail foto: plafonpartisi.com enlarge this image

JAKARTA - Dalam mendesain arsitektur rumah, penting untuk memperhitungkan ukuran tinggi plafon yang pas dengan rumah Anda. Para arsitek umumnya berpendapat, dewasa ini ada kecenderungan perubahan selera, dimana para pemilik rumah menginginkan plafon rumah yang lebih tinggi.

Plafon di rumah-rumah standar yang dibangun sekitar 20-30 tahun lalu berkisar antara 250-260 centimeter (cm). Sedangkan pada hunian modern menawarkan tinggi plafon pada kisaran 280-300 cm. Bahkan beberapa bagian ruangan mempunyai tinggi plafon 4-7 meter. Kecenderungan rumah modern dengan plafon tinggi barangkali tidak sekedar selera, namun terkait dengan kenyamanan dan estetika desain rumah.

Untuk itu bagi Anda yang akan membangun atau mendesain rumah, ada beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam menentukan ukuran dan bentuk plafon rumah. Seperti yang dijabarkan berikut ini yang dikutip dari laman Annahape, Kamis (19/1/2012).

1. Faktor iklim
Rumah-rumah di daerah beriklim dingin cenderung mempunyai langit-langit rumah yang rendah. Rumah di Jepang atau Eropa misalnya, tinggi plafon 2,4 atau 2,5 meter adalah hal yang biasa. Alasannya adalah penghematan energi. Semakin tinggi plafon semakin tinggi pula pemanasan diperlukan.

Sementara itu, di daerah pesisir atau beriklim panas, plafon yang tinggi memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik. Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu bahwa udara panas akan bergerak ke atas. Dengan demikian plafon yang tinggi memungkinkan udara di ruangan menjadi tetap sejuk.

Selain itu, dengan plafon yang tinggi dimungkinkan cahaya matahari dapat masuk lebih dalam ke semua bagian rumah, dengan demikian ruangan tidak terasa lembab. Maka, disarankan bila Anda tinggal di daerah pesisir dengan udara yang cenderung panas sebaiknya tinggi plafon tidak kurang dari 280 cm atau antara 2,8–3,2 meter.

2. Proporsi dan estetika

Bicara desain arsitektur tak lain bicara tentang proporsi ruang. Desain yang indah itu berarti proporsional. Dalam dunia arsitektur berlaku rumus: (panjang + lebar)/2. Artinya sebuah ruangan berukuran 3x4 meter akan tampak proporsional bila plafonnya berukuran sekitar (3+4)/2=3,5m. Tentu saja ini bukan rumus matematis baku karena proporsi ideal dapat diolah melalui penataan interior yang baik.

Intinya, semakin besar ruangan semakin tinggi plafon, atau plafon haruslah lebih tinggi dari lebar ruangan. Karena bila tidak diimbangi plafon yang tinggi, ruangan yang besar akan tampak seperti lorong yang pengap. Karena itu bila Anda mempunyai ruang keluarga yang cukup luas, semisal 8x5 meter tanpa sekat-sekat, Anda dapat membuat plafon yang tingginya 6-7 meter.
(rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 4.092 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Housing
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0964 seconds -i189-