Image
Rabu, 06 Mei 2015 Sign In | Sign Up
Tinggi Plafon Rumah yang Ideal
foto: plafonpartisi.com
HousingKamis, 19 Januari 2012 - 08:00 wib

Tinggi Plafon Rumah yang Ideal

Nur Januarita Benu - Okezone

JAKARTA - Dalam mendesain arsitektur rumah, penting untuk memperhitungkan ukuran tinggi plafon yang pas dengan rumah Anda. Para arsitek umumnya berpendapat, dewasa ini ada kecenderungan perubahan selera, dimana para pemilik rumah menginginkan plafon rumah yang lebih tinggi.

Plafon di rumah-rumah standar yang dibangun sekitar 20-30 tahun lalu berkisar antara 250-260 centimeter (cm). Sedangkan pada hunian modern menawarkan tinggi plafon pada kisaran 280-300 cm. Bahkan beberapa bagian ruangan mempunyai tinggi plafon 4-7 meter. Kecenderungan rumah modern dengan plafon tinggi barangkali tidak sekedar selera, namun terkait dengan kenyamanan dan estetika desain rumah.

Untuk itu bagi Anda yang akan membangun atau mendesain rumah, ada beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam menentukan ukuran dan bentuk plafon rumah. Seperti yang dijabarkan berikut ini yang dikutip dari laman Annahape, Kamis (19/1/2012).

1. Faktor iklim

Bicara desain arsitektur tak lain bicara tentang proporsi ruang. Desain yang indah itu berarti proporsional. Dalam dunia arsitektur berlaku rumus: (panjang + lebar)/2. Artinya sebuah ruangan berukuran 3x4 meter akan tampak proporsional bila plafonnya berukuran sekitar (3+4)/2=3,5m. Tentu saja ini bukan rumus matematis baku karena proporsi ideal dapat diolah melalui penataan interior yang baik.

Intinya, semakin besar ruangan semakin tinggi plafon, atau plafon haruslah lebih tinggi dari lebar ruangan. Karena bila tidak diimbangi plafon yang tinggi, ruangan yang besar akan tampak seperti lorong yang pengap. Karena itu bila Anda mempunyai ruang keluarga yang cukup luas, semisal 8x5 meter tanpa sekat-sekat, Anda dapat membuat plafon yang tingginya 6-7 meter.

(rhs)
BERITA REKOMENDASI Housing
Show More
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    Image effectivemeasure