Sabtu, 29 November 2014 Sign In | Sign Up
Pertamina Gelar Tender EPC FSRU Jateng
Ilustrasi
EnergiKamis, 19 Januari 2012 - 08:59 wib

Pertamina Gelar Tender EPC FSRU Jateng

Saugi Riyandi - Okezone
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengatakan telah melaksanakan tender Engineering, Procurement and Construction (EPC) proyek Floating Storage Regasification Unit (FSRU) di Jawa Tengah yang akan diumumkan pemenangnya di April 2012.

"Tender telah dimulai Januari ini dan diharapkan bisa ditetapkan pemenangnya pada April 2012," ujar Senior Vice President Pertamina Nanang Untung saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis (19/1/2012).

Menurutnya pekerjaan konstruksi FSRU Jateng tersebut diperkirakan mencapai 13 bulan dan gasnya akan dijual ke PT PLN (Persero). "Selain Jateng, kami juga tengah mencari alokasi gas untuk proyek regasifikasi kilang LNG Arun di Aceh.

Nanang mengatakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 14 Tahun 2011 mengamanatkan adanya pembangunan tiga FSRU di Jakarta, Medan, dan Semarang. "Selain juga membangun tujuh terminal LNG skala kecil di kawasan Indonesia bagian timur," ungkapnya.

Sementara itu, lanjut dia total kapastias dari ketiga FSRU tersebut sebesar 8,5 juta ton. "FSRU di Jakarta akan dibangun berkapasitas tiga juta ton per tahun, Medan 2,5 juta ton, dan Semarang 3 juta ton," katanya.

Di luar inpres itu, lanjut dia juga direncanakan pembangunan satu unit konversi kilang LNG menjadi receiving terminal di Arun. "Sedangkan terminal Arun direncanakan berkapasitas 2,5 juta ton dan tujuh terminal kecil 1,5 juta ton per tahun. Namun, pasokan LNG yang sudah pasti baru untuk FSRU Jakarta yang berasal dari Kilang Bontang, Kaltim sebesar 1,5 juta ton per tahun," pungkasnya. (wdi)
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA TERKAIT
    FOTO LAINNYA
    VIDEO LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    x
    Kenali New Mobile Okezone