okezone
Home » Economy » Konsultasi Pajak
Pajak PPh atas Penjualan Aset
Rabu, 1 Februari 2012 - 14:18 wib
detail Logo CITASCO. Dok CITASCO enlarge this image

Saya ingin bertanya mengenai penjualan aset:
1. Aset rumah dibeli pada 2002 Rp150 juta, pada 2010 dijual Rp450 juta, ada selisih keuntungan Rp300 juta, apakah dilaporkan sebagai penghasilan?
2. Aset mobil dibeli pada 2005 dibeli Rp125 juta, pada 2010 dijual Rp100 juta apakah selisih keuntungan dilaporkan sebagai keuntungan juga?
3. Aset emas sebesar dua kilogram (kg) dibeli pada 2003 Rp100 juta, dijual pada 2010 Rp200 juta. Ada keuntungan Rp100 juta, apa harus dilaporkan ke pajak? Terima kasih atas perhatiannya.

Oleh:
Hanny (hannxxx@yahoo.com)
Babatan Mukti
   
Jawaban:
Yth. Ibu Hanny,
1. Pajak Penghasilan atas selisih keuntungan penjualan asset berupa rumah Pasal 4 ayat (2) huruf d Undang-undang Nomor 36 Tahun 2008 juncto pasal 8 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2008 mengatur bahwa penghasilan dari transaksi pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan dikenai pajak yang bersifat final yaitu bahwa setelah pelunasannya.

Kewajiban pajak telah selesai dan penghasilan yang dikenakan PPh Final tidak digabungkan dengan jenis penghasilan lain yang terkena pajak penghasilan yang bersifat tidak final (PPh Tidak Final). Pajak jenis ini dapat dikenakan terhadap jenis penghasilan, transaksi atau usaha tertentu.

Berdasarkan ketentuan di atas, transaksi pengalihan hak atas rumah (tanah dan bangunan) yang Ibu lakukan pada 2010 dikenakan PPh Final sebesar lima persen dari nilai pengalihan, yaitu nilai yang tertinggi antara nilai berdasarkan Akta Pengalihan Hak dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah dan/atau bangunan yang bersangkutan.

Dalam hal ini, Ibu harus terlebih dahulu menyetor sendiri PPh Final sebesar lima persen dari Rp450 juta ke kas negara dalam hal harga jual ini lebih tinggi dari NJOP. Penyetoran  harus dilakukan sebelum akta ditandatangani oleh pejabat yang berwenang (Notaris, PPAT, atau Camat).

Berhubung telah dikenakan PPh Final, maka selisih keuntungan yang Ibu dapatkan dari transaksi pengalihan hak atas rumah (tanah dan bangunan) yaitu Rp300 juta tidak dikenakan lagi PPh dengan tarif umum pasal 17 UU Nomor 36 Tahun 2008.

Namun demikian, Ibu tetap berkewajiban untuk melaporkan nilai pengalihan hak atas rumah (tanah dan bangunan) dan PPh Final yang telah dilunasi dalam SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Formulir 1770 lampiran III bagian A angka 7 atau Formulir 1770-S lampiran II bagian A angka 7.

2. Pajak Penghasilan atas selisih keuntungan penjualan aset berupa mobil Undang-Undang No.7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana diubah terakhir kali dengan Undang-undang nomor 36 tahun 2008 pasal 4 ayat 1 huruf d mengatur bahwa penghasilan dari keuntungan penjualan atau pengalihan harta termasuk dalam definisi penghasilan.

Merujuk pada ketentuan tersebut, penghasilan yang Ibu terima atas keuntungan dari penjualan harta merupakan objek PPh dan harus dilaporkan dalam SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Formulir 1770 lampiran 1 halaman 2 bagian D angka 5 atau Formulir 1770-S lampiran 1 bagian A angka 5.

Penjualan aktiva berupa mobil seharga Rp100 juta pada 2010 yang dibeli seharga Rp110 juta pada 2005 tidak menghasilkan keuntungan melainkan kerugian. Lain halnya jika Ibu menyelenggarakan pembukuan di mana terdapat pencatatan penyusutan mobil yang digunakan sepenuhnya untuk kegiatan usaha sehingga nilai bukunya lebih kecil dibandingkan dengan harga jual mobil tersebut, maka akan terdapat keuntungan yang wajib dilaporkan dalam SPT Tahunan PPh Orang Pribadi.

3. Pajak Penghasilan atas keuntungan penjualan aset berupa emas, terhadap keuntungan sebesar Rp100 juta atas penjualan harta berupa emas harus dilaporkan sebagai penghasilan yang dikenakan PPh dengan tarif umum pasal 17 dalam SPT Tahunan PPh Orang Pribadi.

Demikian penjelasan dari kami. Semoga bermanfaat.

Diasuh oleh:

Ruston Tambunan, Ak.,M.Si.,M.Int.Tax
Managing Partner
Citas Konsultan Global (CITASCO)
Registered Tax Consultants
www.citasco.com
(/) (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 1.447 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Konsultasi Pajak Citasco
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0884 seconds -i189-