okezone
Home » Travel » Indonesiaku
11 Wisata Alam Liar Terbaik di Bali (II-Habis)
Rabu, 14 Maret 2012 - 05:20 wib
Fitri Yulianti - Okezone
detail Menjajal bungy jumping (Foto: kwongeats.blogspot) enlarge this image

MEMACU adrenalin bisa dengan banyak cara, termasuk wisata di alam liar. Beberapa destinasi di Bali siap memberikan petualangan seru untuk Anda.

Berikut beberapa lokasi wisata di Bali yang menawarkan pengalaman di alam liar, seperti dilansir dari buku Pariwisata Nusantara 2011 oleh Kemenbudpar RI.

Menyelam di Nusa Penida

Nusa Penida merupakan kawasan pariwisata yang memiliki daya tarik yang potensial untuk dikunjungi. Kawasan yang terletak di sebelah timur Pulau Bali ini terdiri dari tiga pulau utama, yaitu Lembongan, Ceningan, dan Nusa Besar (Nusa Penida).

Deretan pantai berpasir maupun berkarang dengan berbagai kegiatan wisata bahari dan budaya menjadi andalan daya tarik wisata Nusa Penida. Alam bawah laut Nusa Penida juga sangat terkenal keindahannya.

Kawasan taman laut yang tersebar di hampir seluruh perairan pulau, didukung oleh airnya yang jernih dan bersih, menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Banyak wisatawan yang melakukan kegiatan menyelam dan snorkeling di wilayah ini meskipun belum begitu optimal. Jika menyelam di tempat ini, Anda akan menemukan beberapa spesies khas Nusa Penida, misalnya ikan dugong, hiu sirip putih, kima, manta ray, dan napoleon.

Menuju Nusa Penida, ada tiga cara melalui jalan laut yang bisa Anda tempuh. Pertama, Pantai Sanur-Pulau Nusa Penida perjalanan 2 jam dengan perahu motor. Kedua, Pelabuhan Benoa-Pulau Nusa Penida perjalanan 1,5 jam dengan kapal pesiar Bounty Cruises dan Bali Hai Cruises. Dan ketiga, Pelabuhan Padang Bay-Pelabuhan Mentigi, Nusa Penida perjalanan 1,5 jam menggunakan kapal feri.

Berselancar di Pantai Canggu

Pantai Canggu merupakan sehamparan pantai indah alami yang terletak hanya beberapa kilometer di sebelah utara Pantai Legian dan mudah dijangkau melalui Desa Kerobokan belok ke kiri. Sama seperti pantai-pantai lain di sebelahnya, Pantai Canggu menawakan gelombang laut yang khusus bagi penggemar olahraga selancar.

Demikian juga dengan peselancar yang belum berpengalaman dengan gelombang pantai karang, Canggu akan memberikan pengalaman pertama yang mengasyikkan. Sebagai bagian dari perluasan Pantai Kuta, Canggu juga sudah memersiapkan fasilitas kepariwisataan yang diperlukan.

Rafting di Sungai Ayung

Sejak dahulu, Sungai Ayung dikenal sebagai tempat rafting terbaik dan terfavorit di Bali. Berarung jeram di Sungai Ayung memberikan sensasi berbeda dan sangat menantang untuk dicoba. Sungai ini memiliki beberapa jeram yang menantang dan memacu adrenalin Anda.

Rute untuk rafting sejauh 12 kilometer dan dapat ditempuh selama 2 jam. Di sepanjang perjalanan menyusuri sungai, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan yang menghijau di sisi kanan dan kiri sungai. Di sungai pun terdapat beberapa air terjun kecil. Selain itu, Anda akan disuguhi keindahan ukiran sepanjang 200 meter yang merupakan karya para seniman Ubud. Sungai Ayung mengalir di pinggir Timur Kabupaten Badung dan juga menjadi perbatasan dengan Kabupaten Gianyar.

Menjajal Bungy Jumping

Atraksi olahraga ini sebenarnya merupakan tradisi suku Maori di Selandia Baru untuk menguji kebenaran para pemuda yang telah menginjak usia dewasa dengan mengikat kedua kakinya pada ranting pepohonan kemudian terjun ke dalam lembah.

Dari Selandia Baru, tradisi ini berkembang pesat di Australia kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia dengan peralatan keamanan standar yang lebih modern. Tinggi tempat meloncat untuk bungy jumping sekira 40 meter, umumnya dari sebuah menara dan di bawahnya ada sebuah kolam minimal sedalam empat meter.

Atraksi menantang ini sangat digemari oleh wisatawan mancanegara serta beberapa wisatawan Nusantara untuk menguji keberanian, namun tidak diperkenankan bagi mereka yang sedang hamil, tekanan darah tinggi, dan mereka yang mempunyai penyakit jantung.

Khusus bungy jumping, Kuta adalah ladangnya. Terdapat beberapa tempat bungy jumping di Kuta, di antaranya AJ Hacket Bungy di Club Double Six (66) Jalan Arjuna, Bali Bungy Co., Jalan Pura Puseh, serta Adrenalin Parks di Jalan Benesari Kuta.

Menjelajahi Goa Jepang

Goa ini berada di Banjarkoripan, Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan. Goa ini terdiri atas 16 lubang dengan kedalaman empat meter. Dua di antaranya tidak berhubungan satu dengan yang lainnya, yaitu satu buah terletak di ujung selatan dan satu lagi di ujung sebelah utara sedangkan lubang yang lainnya berhubungan dan dihubungkan oleh sebuah gang memanjang arah utara selatan.

Goa ini dibangun oleh balatentara Jepang dalam usahanya memertahankan diri dari serangan sekutu pada masa pendudukan Jepang, tepatnya pada 1941. Goa semacam ini, tetapi hanya terdiri atas sebuah lubang yang besar, juga terdapat di Desa Suana Kecamatan Nusa Penida. Goa tersebut dijadikan sebagai tempat pengintaian lalu lintas laut di Selat Lombok.

Menyelam di Menjangan

Menjangan adalah sebuah pulau yang berada di barat daya Bali. Selain sebagai tempat cagar budaya karena beberapa situs ditemukan di sini, di pulau ini juga terdapat tempat menyelam yang sangat indah dengan terumbu karang yang menawan. Untuk penyelaman terbaik di Menjangan biasanya pada April sampai November. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 1.330 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Wisata Pantai
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0928 seconds -i189-