Sabtu, 20 Desember 2014 Sign In | Sign Up
KPK Beri Peluang Angie Jadi Justice Collaborator
Angelina Sondakh (Foto: Okezone)
PolhukamSelasa, 8 Mei 2012 - 01:02 wib

KPK Beri Peluang Angie Jadi Justice Collaborator

Misbahol Munir - Okezone
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad memberikan peluang bagi tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Wisma Atlet SEA Games dan Kemendikbud, Angelina Sondakh sebagai kategori justice collaborator.

Menurutnya, KPK akan menjadikan Angie sebagai justice collaborator jika Angie kooperatif dengan penyidik KPK untuk membongkar keterlibatan oknum-oknum pemain utama dalam kasus Wisma Atlet dan Kemendikbud.

"Jadi sebenarnya mengenai justice collaborator tidak secara eksplisit tapi kita berharap misalnya Angie dari hasil pemeriksaan kooperatif, dia mengungkapkan hal-hal yang lebih besar atau membongkar kasus maka yang bersangkutan kita kualifikasikan sebagai justice collaborator," ungkap Abraham saat jumpa pers di gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jaksel, Senin (7/5/2012).

Sebelumnya, banyak pihaknya menyarankan Angie agar menerima tawaran KPK sebagai justice collaborator sehingga dapat meringankan beban hukuman yang akan dijalaninya.

Tersangka kasus suap proyek wisma atlet Sea Games, Angelina Sondakh, sebelumnya telah mengisyaratkan akan menolak tawaran menjadi justice collaborator KPK.

"Bukan tugas Angie yang membuktikan bersalah, tapi penyidik KPK," kata Pengacara Angelina Sondakh, Teuku Nasrullah, Rabu 2 Mei lalu.

Justice collaborator merupakan istilah bagi orang yang bekerjasama dengan KPK untuk mengungkap kejahatan korupsi. Istilah lain yang selama ini sering digunakan adalah whistle blower. (put)
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA TERKAIT
    FOTO LAINNYA
    VIDEO LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    x
    Kenali New Mobile Okezone