Minggu, 21 Desember 2014 Sign In | Sign Up
Akibat Banjir, PLN Balikpapan Rugi Rp500 Juta
Logo: PLN
EnergiJum'at, 25 Mei 2012 - 18:59 wib

Akibat Banjir, PLN Balikpapan Rugi Rp500 Juta

Amir Sarifudin - Okezone
BALIKPAPAN - PT PLN (Persero) Area Balikpapan memperkirakan kerugian material akibat bencana banjir dan tanah longsor mencapai Rp500 juta. Perkiraan ini didasari dari sejumlah travo dan jaringan kabel yang putus serta tiang listrik yang roboh akibat hujan deras yang menyebabkan banjir di penjuru Balikpapan.

"Data inventarisasi sementara menyebutkan kerugian material yang harus ditanggung pihaknya baru mencapai Rp300 juta.  Namun, perkiraan saya berada di atas Rp500 juta karena kami masih melakukan inventarisasi alat yang rusak," ungkap Manager PLN Area Balikpapan Ismail Deu, Jumat (25/5/2012).

Ismail mengatakan pada saat terjadi banjir, PLN melakukan pemutusan aliran listrik pada daerah yang terendam untuk menghindari sengatan listrik. "Tercatat ada 12 trafo yang terendam air sehingga harus diperbaiki sebelum digunakan kembali. Seperti di Dumai itu ada lima yang terndam," katanya.

Selain itu, beberapa tiang transmisi milik PLN juga rubuh sehingga mengganggu arus distribusi listrik. Seperti diantaranya terjadi di kawasan MT Haryono Dalam, depan Tenis Indoor, di Gunung Sari Ilir dekat SMK Pangeran, dan di Kilometer 8 Jalan Soekarno Hatta.

Ismail mengungkapkan apabila pada lokasi rubuh masih bisa dialihkan, pihaknya akan mengalihkannya pada feeder lain agar tidak terjadi pemadaman. Namun, pemadaman terpaksa menjadi pilihan terakhir apabila tidak ada feeder yang tersedia. Mengatasi masalah itu, PLN menerjunkan lima regu yang beranggotakan 80 orang.

"Kita dibantu juga masyarakat serta BPBK untuk informasi ini. Tadi pagi sekitar jam 05.30 baru semua beres. Sekarang yang terendam itu tinggal pengeringan saja hari ini kita pastikan tidak lagi terganggu," tandasnya. (gna)
(wdi)
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA TERKAIT
    FOTO LAINNYA
    VIDEO LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    x
    Kenali New Mobile Okezone