Minggu, 21 Desember 2014 Sign In | Sign Up
Milisi Shabiha, Pelaku Pembantaian Houla?
Presiden Assad saat bertemu Kofi Anan (Foto: Reuters)
Timur TengahKamis, 31 Mei 2012 - 09:56 wib

Milisi Shabiha, Pelaku Pembantaian Houla?

Fajar Nugraha - Okezone
DAMASKUS - Penyelidik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan korban selamat dari pembantaian di Kota Houla, Suriah, mencurigai milisi Shabiha berada di balik pembantaian mengerikan itu. Milisi itu selama ini dikenal beroperasi di bawah perintah Pemerintahan Presiden Bashar Assad.

Direkrut lingkungan Alawite dimana tempat Assad lahir, milisi ini memungkinkan Pemerintah Suriah untuk memerintahkan pembunuhan, penyiksaan dan serangan. Lewat pengerahan milisi ini, Pemerintahan Presiden Assad pun bisa lepas dari tanggung jawabnya. Demikian diberitakan Associated Press, Kamis (31/5/2012).

Dalam beberapa keahlian, milisi Shabiha jauh lebih menakutkan dari militer ataupun pasukan keamanan Suriah lainnya. Taktik mereka yang paling dikenal adalah membombardir wilayah pemukiman warga dan menembaki para pengunjuk rasa tanpa rasa bersalah. Para milisi pada umumnya dikerahkan oleh Assad untuk mengintimidasi lawan politik Assad. 

Pembantaian yang terjadi di Houla memang mengerikan. Korban bukan saja dari orang dewasa, tetapi juga anak-anak yang masih berusia di bawah lima tahun.

Pihak pemerintah pun membantah mereka bertanggungjawab atas pembantaian di Houla dan menyalahkan pihak teroris. Meskipun bila memang Shabiha bertanggungjawab, tidak ada bukti jelas bahwa pembantaian di Houla merupakan atas perintah rezim Assad.

Berdasarkan temuan PBB, sebagian besar korban ditembak dalam jarak dekat. Pelaku pembantaian diperkirakan mengincar korban yang rapuh dan tak berdaya seperti anak-anak dan para lanjut usia. Mereka melakukan hal itu untuk melakukan teror terhadap warga.

Serangan ini menjadi penanda dari kekerasan baru yang terjadi di Suriah. Menurut para aktivis, pembantaian terjadi usai pihak militer menyerang desa itu dengan artileri dan bertempur dengan kelompok oposisi. 
(faj)
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA TERKAIT
    FOTO LAINNYA
    VIDEO LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    x
    Kenali New Mobile Okezone