Sabtu, 29 November 2014 Sign In | Sign Up
Rifki Hassan & Gresia Kristi Inspirator Gaya Hidup Hijau 2012
Rifki dan Gresia (Foto: ist)
Trend and FashionSenin, 16 Juli 2012 - 10:36 wib

Rifki Hassan & Gresia Kristi Inspirator Gaya Hidup Hijau 2012

K. Wahyu Utami - Okezone
KEPEDULIAN terhadap lingkungan yang digalakkannya patut menjadi contoh anak muda lainnya. Tak salah jika langkah yang mereka jalani selama ini mengantarkan dua sosok berikut meraih gelar Green Ambassador HiLo 2012.

Usianya boleh saja muda, namun kepeduliannya terhadap lingkungan menjadi hal yang patut ditiru. Sosok muda tersebut ialah Rifki Hassan asal Banten dan Gresia Kristi asal Jawa Tengah, sang inspirator gaya hidup hijau 2012. Keduanya pantas meraih gelar tersebut karena wujud kepedulian mereka yang nyata.

Sebagai Kang Kabupaten Tanggerang 2011, Rifki menjiwai perannya sebagai duta wisata yang peduli lingkungan. Dengan hobi touring ke laut, Rifki meleburkan konsep pariwisata dan kepedulian lingkungan dalam tema eco-wisata.

Sementara Gresia, gadis manis kelahiran Semarang, ternyata memiliki cita-cita yang mulia dengan menjadi dokter kandungan. Selain menjadi pemain mayoret sejak duduk di Sekolah Dasar, Gresia mendekatkan dirinya pada alam dengan aktif sebagai pramuka, hingga membuahkan prestasi menjadi juara jambore tingkat nasional.

Pada malam Grand Final Green Ambassador 2012, Rifki dan Gresia tegas menjawab semua sesi pertanyaan dari juri. Malam itu, Rifki mendapatkan pertanyaan mengenai sirip hiu, dan dengan tegas ia mampu meraih hati juri dengan jawabannya yang bernas.

“Sirip hiu tiap tahunya diburu di Indonesia sebanyak 100 juta ekor, di China pelarangan untuk memakan sirip hiu sudah dilakukan. Dan alangkah baiknya jika kita sebagai warga negara Indonesia yang baik dapat turut menghentikan pemburuan terhadap ikan hiu, terutama makan sirip hiunya,” papar mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Moestopo ini pada malam Grand Final Green Ambassador HiLo 2012 di Djakarta Theater, Jakarta, Minggu, 15 Juli 2012.

Sementara itu, Gresia pun tak mau kalah saing mengambil hati para juri. Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak generasi muda seumurnya agar lebih peduli terhadap pembuangan sampah yang sembarangan, karena menurutnya dengan membuang sampah plastik ke sungai yang akan mengalir ke laut maka ada jutaan ton sampah yang terapung di laut, sehingga hal itu akan meracuni habitat populasi ikan paus.

“Dengan menjaga kebersihan laut, kita turut menjaga populasi binatang laut terutama ikan paus. Anak muda dapat jadi generasi penerus bagi perubahan pelestarian ke depannya,” tambah mahasiswi universitas Krida Wacana ini.

Di luar pengetahuan mereka, Rifki dan Gresia secara aktif menunjukkan kepedulian lingkungan yang dijalaninya selama ini secara nyata. Rifki diektahui mengembangkan pariwisata Banten dalam balutan tradisi lokal yang peduli lingkungan, sehingga nantinya dapat mengembangkan potensi wilayah tersebut  lebih optimal. Lain halnya dengan Gresia, inspirasinya terhadap lingkungan selama ini dengan berfokus mengembangkan keindahan terumbu karang di Karimun Jawa.  Dengan kemenangannya tersebut, ia pun yakin dapat menjadi inspirator gaya hidup hijau.

Selain Rifki dan Gresia, pemenang Green Ambassador 2012 lainnya sebagai berikut:

1st Runner Up
Laki-laki : DKI Jakarta - Chalton Ciptadi  
Perempuan : DKI Jakarta – Tania Putri

2nd  Runner Up
Laki-laki : Kalimantan Selatan- Yudha Heka
Perempuan : Bangka Belitung – Ririn Khairinissa

Pemenang The Best Social Media Influencer : Kalimantan Barat-Itfan

Pemenang The Best Cultural Costume

Laki-Laki : DI Yogyakarta-Hans
Perempuan : DKI Jakarta – Tania Putri

Pemenang The Most Photogenic
Laki-Laki : Sumatera Barat – Azza
Perempuan : DKI Jakarta  – Tania

The Best Acting Model : Riau-Tasya

The Best Eco-presenter : Bali-Devi (ind)
(tty)
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA TERKAIT
    FOTO LAINNYA
    VIDEO LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    x
    Kenali New Mobile Okezone