okezone
Home » Health » Sexual Health
Tanda-Tanda Datangnya Menopause pada Wanita
Sabtu, 28 Juli 2012 - 19:07 wib
Niken Anggun Nurani - Okezone
detail Wanita yang sudah menopause (Foto: Corbis) enlarge this image

PERIMENOPAUSE disebut juga masa transisi menopause. Masa dimana interval tubuh wanita mengalami pergeseran alam dari siklus menstruasi menjadi tidak menstruasi sama sekali.
 
Selama masa perimenopause beberapa perubahan terjadi dalam tubuh Anda. Berikut ini beberapa hal yang mungkin Anda alami ketika perimenopause, seperti yang dirilis Mayoclinic.


Menstruasi tidak teratur
 
Ovulasi menjadi lebih menentu, interval antara periode menstruasi bisa lebih lama atau lebih pendek, dan Anda mungkin melewatkan beberapa periode. Perimenopause awal didefinisikan sebagai perubahan panjang siklus menstruasi Anda, lebih dari tujuh hari. Perimenopause akhir ini ditandai oleh dua atau lebih periode dan selang waktu 60 hari atau lebih masa menstruasi.

Masalah tidur
 
Sekitar 65 sampai 75 persen dari wanita mengalaminya, paling sering selama perimenopause. Intensitas, durasi dan frekuensi bervariasi. Masalah tidur sering karena berkeringat di malam hari, tapi kadang-kadang tidur menjadi tidak menentu.

Perubahan mood
 
Beberapa pengalaman menunjukan ada perubahan suasana hati wanita menjadi lekas marah atau peningkatan risiko depresi pada masa perimenopause, namun penyebab gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh gangguan tidur. Perubahan mood juga bisa disebabkan oleh faktor tidak terkait dengan perubahan hormonal perimenopause.

Vagina dan masalah kandung kemih
 
Ketika tingkat estrogen berkurang, jaringan vagina Anda mungkin kehilangan cairan dan elastisitas, sehingga hubungan seksual kadang jadi menyakitkan. Tingkat estrogen yang rendah juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi kemih atau vagina. Kehilangan tonus jaringan dapat menyebabkan inkontinensia.

Penurunan kesuburan
 
Ovulasi menjadi tidak teratur, sehingga kemampuan Anda untuk hamil berkurang. Namun, selama Anda mengalami haid, kehamilan masih memungkinkan. Jika Anda ingin menghindari kehamilan, gunakan kontrasepsi sampai Anda tidak memiliki periode menstruasi selama 12 bulan.

Perubahan pada fungsi seksual
 
Selama perimenopause, gairah seksual dapat berubah. Tapi bagi sebagian besar wanita yang memiliki keintiman seksual yang memuaskan sebelum menopause, ini akan terus melalui perimenopause.

Kehilangan nutrisi dalam tulang
 
Dengan tingkat estrogen menurun, Anda mulai kehilangan nutrisi dalam tulang lebih cepat dan meningkatkan resiko osteoporosis.

Mengubah kadar kolesterol
 
Penurunan kadar estrogen dapat menyebabkan perubahan yang tidak menguntungkan dalam tingkat kolesterol darah, termasuk peningkatan low density lipoprotein (LDL) – atau kolesterol jahat, yang berkontribusi terhadap peningkatan risiko penyakit jantung.
 
Pada saat yang sama, high density lipoprotein (HDL) (kolesterol baik) menurun pada banyak wanita dengan bertambahnya usia mereka, yang juga meningkatkan risiko penyakit jantung. (ina)
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 5.535 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: masalah seksual pria
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0934 seconds -i189-