okezone
Home » Bandung » Bandung Raya
Puasa, Paskibra Tetap Latihan untuk Upacara HUT RI
Senin, 6 Agustus 2012 - 11:47 wib
Iman Herdiana - Okezone
detail Paskibra latihan upacara HUT RI di enlarge this image

BANDUNG - Sebanyak 54 siswa-siswi SMA dari 26 kabupaten/kota di Jawa Barat, mengikuti latihan upacara HUT RI ke-67 di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Bandung.
 
Di tengah terik matahari dan dalam kondisi berpuasa, para siswa berlatih di bawah asuhan personel Rindam III Siliwangi, Polda Jabar, Purnapaskibraka Indonesia Jabar, dan Disorda Jabar.

“Salah satu materi latihan lipat bentang bendera supaya enggak salah saat upacara. Itu yang paling krusial,” kata pelatih Disorda Jabar, Andika Ady, kepada Okezone, di sela latihan, Senin (6/8/2012).

Latihan dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. “Latihannya pagi sampai sore. Jadi siang ini ke asrama, nanti sore latihan lagi. Mayoritas peserta Muslim, hebatnya mereka tetap puasa,” sambung Andika.

Pengorbanan para siswa tahun ini cukup berat. Mereka harus dikarantina selama dua pekan di Disorda Jabar. Karantina dimulai sejak 2 Agustus lalu.

“Karantina untuk pemusatan latihan. Jadi mereka harus tinggalin sekolah, puasa, dan orangtua,” ucapnya.

Sebanyak 54 peserta tersebut merupakan hasil seleksi Paskibraka Jabar dari siswa kelas 11 dan 12 SMA negeri dan swasta dari 26 kabupaten/kota di Jabar. Seleksi dilakukan sejak dua bulan lalu. Mulai hari ini, latihan dilakukan di lapangan Gasibu hingga gladi bersih pada 16 Agustus 2012. Upacara peringatan HUT RI ke-67 tingkat provinsi Jabar akan dilakukan di Gasibu.

Andika melanjutkan, seleksi diikuti 104 siswa. Masing-masing sekolah mengirim empat perwakilan. Dari 104 siswa itu, diseleksi kembali hingga menyisakan 54 orang.

“Dua orang dikirim ke nasional untuk bergabung dengan peserta upacara 17 Agustus di Istana,” terangnya.

Pantauan Okezone, 54 siswa yang mengenakan kaos lengan panjang biru, celana PDL hitam, dan topi kuning, tampak serius mengikuti latihan.

Beberapa kali para siswa mendapat teguran tegas dari pelatih karena dinilai kurang bertenaga saat baris-berbaris. Para siswa juga berlatih menaikkan dan menurunkan bendera.
(ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 219 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: HUT RI
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0865 seconds -i111-