okezone
Home » Property » Housing
Inspirasi Dekorasi Ruang saat Lebaran
Jum'at, 10 Agustus 2012 - 13:21 wib
Eva Rosmala - Okezone
detail Dekorasi ruang tamu (foto: home4u21.blogspot) enlarge this image

DEKORASI ruang pada saat Lebaran sebetulnya tak harus difokuskan pada ruang tamu saja. Penggunaan ruang tamu untuk menjamu lebih difokuskan pada tamu yang sifatnya formal, sementara tamu yang berasal dari keluarga dan kerabat dekat biasanya lebih menempati ruang makan dan ruang kelurga.
 
Pada dasarnya diakui atau tidak tradisi "Open House" merupakan sesuatu yang pasti dilaksanakan sebagian besar masyarakat Indonesia. Karenanya, untuk memberikan tampilan berbeda, Anda bisa menghidupkan suasana Lebaran di tiga ruangan utama yang biasanya dituju para tamu.

Seperti dipaparkan oleh arsitek yang juga menjabat sebagai Direktur Mitra Bangun Sekawan (MBS), Rita Laksmitasari kepada Okezone, Jumat (10/8/2012) berikut ini:
 
Ruang Tamu
Ruangan tamu merupakan ruangan utama yang biasa dituju kebanyakan orang saat bersilahturahmi kala Lebaran. Untuk itu, tata ruangan ini seenak dan senyaman mungkin.

Meletakkan sajian kue-kue kecil yang di meja tamu dan penyediaan meja kecil beroda untuk air minun bisa dijadikan pilihan. Hal ini bukan tanpa alasan, agar lebih praktis mengingat sebagian besar asisten rumah tangga juga pulang kampung.
 
Ruang Makan
Menghadirkan nuansa Lebaran di ruang makan dapat dilakukan dengan pemilihan perlengkapan dan aksesoris. Misalnya, penggunaan toples-toples cantik dengan pita dan hiasan Lebaran.

Aksesoris ketupat kecil dari pita dapat dijadikan pemanis yang memeriahkan suasana ruangan. Dilengkapi dengan lampu-lampu bernuansa Timur Tengah. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kesinambungan antara letak ruangan dan aksesorisnya, terlebih jika Anda menempatkan ruang makan di ruang terbuka. Hal ini akan sangat berpengaruh pada malam hari.
 
Ruang Keluarga
Agar lebih intim dan menghidupkan suasana Lebaran di ruang keluarga, beberapa hal harus Anda perhatikan. Misalnya sirkulasi hilir-mudiknya orang diusahakan untuk tidak mengganggu penghuni ruangaan.

Aplikasi tirai, sarung bantal dan taplak dengan warna-warna senada bernuansa Timur Tengah bisa dihadirkan agar lebih mengentalkan nuansa Lebaran. (NJB)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 1.939 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Desain Lebaran
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1077 seconds -i111-