okezone
Home » Property » Housing
Ide Sederhana Percantik Ruangan
Selasa, 14 Agustus 2012 - 09:40 wib
detail (foto: houserenovation tips) enlarge this image

SELALU ada ide sederhana untuk membuat dekorasi interior, khususnya ruang tamu dan ruang keluarga, tampil menarik pada hari nan fitri. Built in cabinet, dekorasi batu alam, cermin, dan beberapa elemen vintage dalam sekejap bisa membantu me-make over ruangan Anda.

Tak terasa, bulan Ramadan sudah memasuki minggu terakhir. Biasanya pada saat seperti ini Anda bukan hanya disibukkan dengan kegiatan menyiapkan sejumlah kebutuhan sandang dan pangan, kebutuhan papan seperti mendekorasi ruangan pun selalu masuk agenda yang direncanakan.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat tampilan ruangan menjadi kian manis.Salah satunya dengan menggunakan aplikasi built in cabinet. Furnitur ini sangat cocok untuk ruangan yang mementingkan efisiensi dan kerapian.

Keberadaan furnitur ini bisa memberikan kesan ruangan terlihat lebih lapang karena desain serta bidangnya dapat terintegrasi dengan ruangan. Biasanya, kabinet ini dipasang dengan memanfaatkan ruang cekungan antara dua kolom atau bisa juga berfungsi sebagai dinding.

"Kabinet built in sangat pas digunakan untuk ruangan yang mungil, seperti apartemen. Memang saat melakukan pemasangan harus ada perencanaan terlebih dulu. Karena sifat furnitur ini sangat menyatu dengan ruangan, maka harus dilakukan pengukuran secara cermat," tutur desainer interior Susan Octari Yawhan.

Jenis lemari satu ini memiliki desain yang custom sehingga membuat Anda lebih fleksibel untuk merancang ide desain ruangan. Dengan begitu, juga mudah disesuaikan dengan kebutuhan serta selera Anda.Cara paling mudah misalnya dengan menyesuaikan ukuran besaran rak dengan ukuran barang yang akan disimpan dalam kabinet tersebut.

"Memang banyak yang bilang built inadalah kabinet paling ringkas untuk diterapkan di ruangan kecil.Karena melihat dari bahan yang digunakan yaitu multiplex dengan tingkat ketebalan 12 mm, dan beberapa finishingyang sesuai, biasanya lebih cenderung menggunakan tacon, HPL, tripleks dengan tekstur jati yang dicat melamin," kata Susan.

Ada yang menarik dari furnitur built in ini, salah satunya keeksklusifannya. Saat ingin menerapkan furnitur ini, yang patut Anda ingat, tentukan terlebih dahulu bagian dinding yang ingin di-cover, lalu manfaatkan cerukan yang ada. Alhasil, bila Anda mengikuti penataan yang tepat, ruang indah pada hari raya pun akan terwujud. Anda tidak harus terpaku menggunakan furnitur built in saja, penerapan cermin juga bisa membuat kesan ruang terasa lebih berbeda.

ermin dapat menjelma menjadi focal point untuk ruangan. Cermin tidak lagi bisa diletakkan di kamar atau di toilet saja, tapi juga boleh diaplikasikan di ruang publik, seperti ruang tamu dan keluarga.

"Kaca atau cermin memiliki sifat yang dapat memantulkan cahaya dan bayangan. Karena itu, aksesori ruangan ini bisa membantu menciptakan kesan luas pada ruangan yang kecil. Kadang cermin juga dijadikan panel pada bidang dinding atau diletakkan di atas meja konsol," kata arsitek Denny Setiawan.

Cermin dengan kesan dingin dan kaku sangat cocok digunakan pada ruang bergaya modern atau minimalis. Panel kaca juga bisa menambah kesan futuristik pada ruangan. Sementara untuk menghilangkan kesan dingin, cermin dapat dibungkus menggunakan bingkai kayu, kuningan, dan yang lainnya sesuai dengan tema ruangan.

"Untuk menambah kesan etnik, kaca bisa dibingkai dengan ukiran dekoratif tertentu seperti ukiran Jawa dan Bali.Biasanya kaca cermin yang dipakai untuk panel lebih tebal dari kaca cermin biasa, yakni sekitar 8 mm," kata Denny.

Bila area ruangan yang tersedia cukup luas, Anda boleh meletakkan bingkai cermin pada meja konsol. Menaruh vas bunga dan lampu meja juga bisa membantu memantulkan bayangan pada cermin dan itu akan membuat suasana menjadi lebih menarik.

Anda pun dapat menyesuaikannya dengan material dan warna furnitur kayu di sekelilingnya. Bukan hanya cermin dan furnitur built in, bahan alami seperti batu alam juga mampu menyejukkan pandangan mata saat Anda berada di dalam rumah.

Dekorasi batu alam pada salah satu bidang dinding ruangan bisa menjadi ide untuk menstimulasi otak. Jadi, biarkan kealamian batu alam menghias interior ruangan favorit keluarga Anda.

"Ada baiknya pilih bentuk dan jenis batu alam sesuai dengan kesan yang ingin ditampilkan. Misalnya kesan minimalis, bisa menggunakan batu alam berbentuk persegi panjang yang disusun melintang. Sementara untuk kesan natural, Anda dapat memilih batu alam yang pipih," kata Susan.

Terakhir, bila Anda ingin bernostalgia dengan masa lalu, barang-barang antik dan vintage dapat melengkapi koleksi item di ruangan. Barang pecah belah, elektronik, hingga alat transportasi seperti sepeda motor bisa menjadi pajangan tempo dulu di ruangan Anda. Tapi ingat, barang kuno harus terus mendapatkan perawatan yang pas supaya kesannya tidak berubah.

(Aprilia S Andyna/Koran SI) (/) (NJB)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 586 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Desain Lebaran
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0949 seconds -i183-