Sabtu, 29 November 2014 Sign In | Sign Up
Penumpang Pesawat Suriah Dipukuli?
Foto : Pesawat Suriah (AP)
DuniaKamis, 11 Oktober 2012 - 20:03 wib

Penumpang Pesawat Suriah Dipukuli?

Aulia Akbar - Okezone
ANKARA - Menurut laporan, usai pesawat Airbus A-320 milik Suriah dipaksa turun, para penumpang justru dipukuli. Mereka juga dipaksa untuk menandatangani "surat palsu" yang menyebutkan bahwa pesawat itu melakukan pendaratan darurat.

"Empat orang penumpang pesawat itu dipukuli dan dipaksa menandatangani surat pernyataan. Dua orang di antara mereka adalah kru pesawat dan dua orang lainnya adalah penumpang. Kami tidak tahu apa isu dari surat itu, namun kami khawatir dengan keselamatan kapten," ujar salah seorang pramugari Shirin Aziz, seperti dikutip Huriyet, Kamis (11/10/2012).

"Mereka (militer Turki) membawanya ke suatu tempat dan mengancamnya, kapten diancam akan ditahan bila tidak meandatangani surat pendaratan darurat," imbuhnya.

Salah seorang penumpang, Fatima al-Saman juga mengutarakan klaim yang sama dengan pramugari itu. Saman mengatakan pula, pihak Turki mencoba menyandera kapten pesawat itu.

"Mereka akan menyandera kapten bila kami tidak mematuhi tuntutannya. Mereka juga mengancam kami dan memeriksa barang-barang. Mereka membuka tas dan mengambil foto-foto. Tidak ada senjata di sini dan laporan mengenai senjata-seanjata itu adalah laporan bohong," ujar Saman.

Pihak Suriah dan Rusia sangat memprotes tindakan Turki yang menghadang pesawat sipil itu. Bagi Suriah, aksi penghadangan itu sama saja dengan pembajakan udara. Rusia pun menuntut Turki untuk menjelaskan maksud dari sikapnya.

Namun Turki memastikan bahwa para penumpang pesawat itu dalam kondisi yang selamat. Pada saat kargo diperiksa, mereka pun diberikan makanan yang cukup. (AUL)
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA TERKAIT
    FOTO LAINNYA
    VIDEO LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    x
    Kenali New Mobile Okezone