okezone
Home » Health » Sexual Health
Cara Mudah Kenali Andropause pada Pria
Minggu, 14 Oktober 2012 - 21:14 wib
Niken Anggun Nurani - Okezone
detail Pria andropouse (Foto: Corbis) enlarge this image

UMUMNYA menopause terjadi pada wanita. Penurunan hormon terjadi setelah para wanita berhenti menstruasi. Tapi jangan salah, para pria pun mengalami hal yang serupa.
 
Andropause adalah istilah yang diberikan pada penurunan kadar testosteron dalam bioavailabilitas testosteron yang berhubungan dengan penuaan. Pada wanita, menopause terjadi saat ovulasi berakhir dan produksi hormon merosot pada waktu yang relatif singkat. Sementara pada pria, produksi hormon dan bioavailabilitas testosteron menurun secara bertahap, demikian yang dilansir Mayoclinic.
 
Efek dari andropause pada pria ini ialah adanya perubahan dalam fungsi seksual, tingkat energy, dan suasana hati yang berubah. Tahapan ini berlangsung dalam waktu cukup lama dan cenderung tidak dirasakan oleh pria.
 
Secara umum, pria yang beranjak tua akan memiliki kadar testosteron yang rendah. Kadar testosteron secara bertahap menurun sepanjang masa dewasa - sekira satu persen per tahun setelah usia 30. Sekira usia 70, penurunan tingkat testosteron pria bisa sebanyak 50 persen.
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 842 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: masalah seksual pria
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0928 seconds -i189-