okezone
Home » Kampus » Suara Mahasiswa
Bangkit Bersatulah Pemuda Indonesia!
Selasa, 30 Oktober 2012 - 09:27 wib
detail Cipto Wardoyo (Foto: dok. pribadi) enlarge this image

BERBICARA tentang pemuda Indonesia selalu membawa ingatan bangsa ini kepada serentetan peristiwa bersejarah. Mulai dari pergerakan pemuda pada masa praplokamasi, peristiwa Sumpah Pemuda, peristiwa Rengasdengklok, runtuhnya rezim orde baru, dan berbagai peristiwa penting lainnya. Pemuda Indonesia kala itu selalu menjadi garda terdepan bangsa yang tidak sekadar menuntut perubahan namun juga turut memberikan solusi nyata serta berperan aktif dalam berbagai bentuk aksi maupun gerakan kepemudaan yang progresif.  
Dari serentetan peristiwa bersejarah yang melibatkan peran sentral pemuda Indonesia ialah Sumpah Pemuda. Melalui peristiwa tersebutlah para pemuda Indonesia yang tadinya masih bersifat kedaerahan berhasil dipersatukan. Hingga pada akhirnya mampu mendorong berdirinya berbagai organisasi dan gerakan kepemudaan yang bersifat kebangsaan. Peran berbagai organisasi dan gerakan kepemudaan pasca-Sumpah Pemuda tidaklah main-main. Dengan bersatunya para pemuda Indonesia yang dijiwai semangat nasionalisme dan patriotisme yang membara kala itu, terbukti mampu menyatukan perjuangan seluruh rakyat Indonesia yang sebelumnya masih bersifat kedaerahan.
 
Seiring berjalannya waktu, kini semangat Sumpah Pemuda tersebut nampaknya terus membara dalam setiap jiwa pemuda Indonesia.Terbukti atas berbagai torehan prestasi yang berhasil dipersembahkan oleh putra-putri terbaik bangsa ini melalui berbagai ajang kompetisi, baik pada tingkat nasional maupun internasional. Namun di sisi lain, tanpa menggeneralisasikan, saat ini nampak masih adanya krisis identitas diri dan krisis kebangsaan yang menjerat sebagian pemuda Indonesia lainnya. Krisis identitas diri tersebut ditandai dengan terjadinya disorientasi pada sebagian pemuda Indonesia. Kini pemuda Indonesia seakan telah kehilangan tokoh-tokoh masyarakat atau negarawan yang dapat dijadikan suri tauladan yang relevan dengan zaman sekarang. Akibatnya, sebagian di antara mereka memilih berkiblat kepada budaya barat yang cenderung sekuler dan hedonis. Seperti halnya gaya hidup mewah, alay, mementingkan kesenangan hidup, dan perilaku-perilaku lainnya yang secara umum bertentangan dengan budaya bangsa Indonesia.
 
Sementara krisis kebangsaan yang dimaksud yakni masih rendahnya semangat nasionalisme dan patriotisme pada sebagian pemuda Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya sikap apatis atau masa bodoh pada sebagian pemuda Indonesia terhadap berbagai persoalan yang melilit bangsanya. Di samping itu yang mesti kita waspadai bersama sekarang ini adalah munculnya kembali gejala-gejala semangat kedaerahan atau etnosentrisme pada sebagian pemuda Indonesia. Begitu mudahnya pemuda antarkelompok yang berbeda bertikai hanya gara-gara persoalan yang amat sepele. Sikap “sok-sokan” serta pengunggulan diri sendiri/kelompok secara berlebih-lebihan pun masih menjangkit jiwa sebagian pemuda Indonesia sekarang ini.
 
Melalui momen peringatan hari Sumpah Pemuda mestinya mampu membangkitkan kembali semangat nasionalisme dan patriotisme pada setiap jiwa pemuda Indonesia. Sehingga tidak ada lagi pemuda Indonesia yang mengalami krisis identitas diri maupun krisis kebangsaan. Tidak ada lagi pemuda Indonesia yang bersikap apatis, egois ataupun kedaerahan. Sebagai pemuda Indonesia janganlah kita hanya terus menuntut kepada negara akan perubahan yang lebih baik, tanpa memberikan solusi dan tindakan nyata yang progresif. Saatnya Pemuda Indonesia membuktikan komitmennya kepada nusa, bangsa dan negara ini melalui pengabdian dan karya nyata. Tetap bersatu padu dalam keragaman, “Unity in diversity!
 
Cipto Wardoyo
Mahasiswa Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Prodi Kebijakan Pendidikan
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
(/) (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 130 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Suara Mahasiswa
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0941 seconds -i170-