okezone
Home » International » Timur Tengah
Makam Arafat Mulai Dibongkar
Selasa, 13 November 2012 - 19:55 wib
Fajar Nugraha - Okezone
detail Arafat masih dipuja warga Palestina (Foto: Reuters) enlarge this image

RAMALLAH - Makam pemimpin Palestina Yaser Arafat mulai digali kembali oleh pihak Palestina. Penggalian makam ini merupakan bagian dari penyelidikan kematian Arafat yang diduga telah diracun.

Makam yang terletak di Ramallah ini dijaga ketat oleh pengawal Presiden Palestina selama proses penggalian dilangsungkan. Penggalian tersebut disebutkan berlangsung dalam beberapa tahap.

"Mereka mulai memindahkan beton dan batu yang berada di makam Arafat dan pengerjaannya akan berlangsung selama hampir 15 hari. Pembongkaran ini akan berlangsung dalam beberapa tahap," ujar seorang dari pihak Pemerintah Palestina, seperti dikutip Reuters, Selasa (13/11/2012).

"Pembongkaran akan terus dilakukan hingga menyentuh tanah yang menutupi jenazahnya (Arafat). Jenazahnya tidak akan dipindahkan hingga para penyelidik dari Prancis akan tiba di makam, beserta dengan ahli dari Swiss dan penyelidik Rusia," imbuhnya.

Berkaitan dengan status Arafat, tidak seorangpun yang akan diperbolehkan untuk mengambil foto dirinya. Pelarangan ini berlaku dalam keadaan apapun.

Arafat wafat di usia 75 tahun di sebuah rumah sakit militer Prancis pada 11 November 2004 lalu. Dokter di Prancis tidak bisa menentukan apa penyebab kematiannya. Selama ini, rakyat Palestina meyakini Arafat telah diracun Israel.

Pembongkaran makam Arafat merupakan tindak lanjut dari kecurigaan janda Arafat, Suha Arafat, yang mencurigai suaminya telah diracun menggunakan zat radioaktif berbahaya, Polonium. Tetapi pembongkaran makam Arafat ini sepenuhnya didukung oleh anggota keluarga. Keponakan Arafat, Nasser al-Qidwa mengecam rencana tersebut dengan menyebutnya sebagai tindakan memalukan. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 222 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Arafat Diracun
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0953 seconds -i189-