Minggu, 21 Desember 2014 Sign In | Sign Up
Perawatan Intensif pada Vagina Perlambat Menopause
Ceria dengan area V terawat (Foto: Corbis)
Sexual HealthKamis, 15 November 2012 - 00:03 wib

Perawatan Intensif pada Vagina Perlambat Menopause

Ina Naulanifa - Okezone
VAGINA membutuhkan perhatian lebih dalam perawatannya karena area ini sangat sensitif. Banyak saraf di sekitar area V. Jadi untuk melakukan perawatan yang baik, kita harus mengenali anatomi vagina, termasuk sensitivitasnya.

Pemahaman mengenai area V yang benar membuat kita melakukan perawatan tepat. Salah perawatan, bisa membuat bakteri yang seharusnya hidup justru mati.

Kebiasaan mutlak yang harus dilakukan setiap hari adalah membersihkan vagina dengan air bersih dan sabun khusus dengan PH 3,8-4. Akan lebih baik jika menggunakan sabun herbal dan tidak mengandung soda tinggi, serta bahan pengawet.

Sementara untuk perawatan bulanan, Anda bisa mendatangi klinik khusus perawatan vagina. Tujuannya, merawat area V dari jamur, bakteri, dan virus di bagian luar dan dalam vagina.

“Perempuan punya banyak kasus dan masalah dengan area vagina. Kebanyakan masalahnya adalah keputihan. Itulah gunanya melakukan perawatan bulanan pada vagina, sehingga kesehatannya tetap terjaga bahkan memperlambat datangnya menopause,” tutur Fania Burhani dalam bukunya berjudul Buku Pintar Miss V, Cara Cerdas Merawat Organ Intim Wanita.

Agar vagina tetap terawat, Anda bisa melakukan masker vagina, scrub, serum, massage, dan antiaging untuk area V, bahkan merapikan bulu area V dengan cara mencukurnya, bukan waxing. Namun, melakukan perawatan pada vagina tentu bukanlah hal yang mudah.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin melakukan perawatan V Spa bulanan, seperti yang dijabarkan Fania.

-  Pasca-operasi caesar disarankan tidak menjalani perawatan selama enam bulan setelahnya.

-  Jangan lakukan massage pada pengguna KB, terutama spiral. Hal tersebut untuk mengurangi risiko perpindahan posisi spiral yang menyebabkan nyeri.

-  Wanita bertensi tinggi tidak diperbolehkan untuk merawat vagina menggunakan alat tertentu dengan suhu tinggi.
(tty)
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA TERKAIT
    FOTO LAINNYA
    VIDEO LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    x
    Kenali New Mobile Okezone