okezone
Home » Health » Health Update
Minat Masyarakat Ikuti KB Masih Rendah
Senin, 26 November 2012 - 12:39 wib
Niken Anggun Nurani - Okezone
detail Dr. Sudibyo Alimoeso, MA (Foto: Purwo Evalianto/BKKBN) enlarge this image

INDONESIA merupakan salah satu negara yang cukup berhasil dalam menjalankan program Keluarga Berencana. Bahkan, banyak negara lain yang mencontoh program ini untuk mengontrol angka kelahiran. Meski demikian, Indonesia masih banyak menghadapi kendala dalam mensosialisasikan program KB ini.
 
Kesuksesan program Keluarga Berencana (KB) sedianya memang tak berjalan sendiri. Ada beberapa faktor yang mendukung keberhasilan program tersebut, di antaranya komitmen masyarakat dalam mengikuti program pemerintah, kebijakan tentang KB dari pemerintah, partisipasi masyarakat, dan peran tokoh agama dalam membantu pelaksanaan program KB ini.
 
“Adanya kerjasama dari semua pihak tentu akan membantu program KB ini berjalan dengan sukses. Contohnya, kami bekerjasama dengan pihak TNI untuk dapat menjangkau masyarakat di daerah terpencil untuk memberikan penyuluhan tentang KB, sehingga program KB dapat dilaksanakan secara menyuluruh,” tutur Dr. Sudibyo Alimoeso, MA,  Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN saat berbincang secara eksklusif dengan Okezone di Kantor BKKN Pusat, Halim Perdanakusuma, Jakarta, baru-baru ini.
 
Meski proses sosialisasi terus berjalan, nyatanya sinergi dari berbagai elemen tersebut belum mencipta hasil sesuai target. Pasalnya, kesadaran masyarakat untuk menggunakan kontrasepsi masih dinilai rendah.
 
“Hampir 97 persen masyarakat Indonesia mengetahui tentang program KB ini, hanya saja pasangan yang aktif dalam program KB ini hanya ada sekira 57 persen saja,” tutupnya. (ind)
(tty)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 897 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Sudibyo Alimoeso
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0936 seconds -i189-