okezone
Home » Info Haji » News Natal
Kalah Dengan Kereta dan Pesawat, Tiket Bus Sepi
Kamis, 20 Desember 2012 - 11:02 wib
Bramantyo - Okezone
detail Ilustrasi terminal bus/Dok. Okezone enlarge this image

SOLO - Jelang liburan Natal dan Tahun Baru jumlah penumpang bus di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, masih sepi. Koordinator bus malam Raya, Setiyo, mengatakan liburan ini merupakan tahun terburuk bagi armada bus.

Dia memprediksi, sepinya penumpang disebabkan minimnya orang untuk berpergian. Selain itu, banyak pengguna moda transportasi yang mengalihkan perjalanannya menggunakan moda angkutan lainnya seperti kereta api atau pesawat.

"Sejak kereta meluncurkan kereta ekonomi AC, banyak yang beralih pakai kereta. Apalagi selisih harga kereta dan bus tidak terlalu jauh. Ditambah, diskon tiket harga pesawat jelang Natal ini gila-gilaan murahnya. Kemungkinan orang banyak yang beralih ke pesawat. Jadi kami yang terkena imbasnya," jelasnya kepada Okezone, di Solo, Jawa Tengah.

Menurutnya, sampai saat ini, penjualan tiket bus malam belum banyak berubah. Padahal, pihak pengelola sudah memberikan pelayanan tambahan untuk pembeli tiket. Pelayanan itu berupa makan malam hingga tiket gratis untuk tiga kali perjalanan atas nama yang sama.

"Tetep saja hasilnya sama. Tiket penjualan tidak berubah. Kalau terus-terus begini dan tidak ada solusi, bisa rugi kami," paparnya.

Setiyo mengaku tidak bisa menurunkan harga tiket. Pasalnya, biaya perawatan kendaraan seperti ban dan suku cadang, cukup tinggi. "Menurunkan tarif tiket jelas tidak mungkin bisa rugi. Kalau bisa pemerintah campur tangan mengatur harga tiket bus dan kereta. Terutama untuk masa liburan atau hari besar, kereta jangan menurunkan tarif. Begitu juga tiket pesawat diatur," ujarnya.

Dia menyebutkan, rata-rata per hari jumlah penumpang yang turun atau pun berangkat tidak lebih dari 100 orang untuk bus segala jurusan.

(bramantyo) 
(hnn)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 55 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Christmas Tidings
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0979 seconds -i189-