okezone
Home » Kampus » Fresh Graduate
Sarjana Bisnis Bisa Kerja Apa Ya?
Jum'at, 4 Januari 2013 - 17:04 wib
Margaret Puspitarini - Okezone
detail Ilustrasi : Reuters enlarge this image

JAKARTA - Sarjana bidang ilmu pengetahuan bisnis maupun ilmu pengetahuan administrasi bisnis merupakan dua gelar yang paling serba guna. Sebab, terdapat beragam peluang karier yang terbuka bagi Anda, tergantung sektor apa yang paling Anda minati.  
Selama perkuliahan, Anda akan mendapatkan pendidikan mengenai cara mengorganisasi diri sendiri maupun orang lain, kemampuan dalam bidang strategi komunikasi, serta bagaimana berusaha mengambil keputusan sulit di tengah kondisi krisis perusahaan. Berikut setidaknya lima peluang karier untuk lulusan sarjana sains bidang administrasi bisnis, seperti dilansir College Cures, Jumat (4/1/2013).
 
Mendirikan perusahaan
Saat ini tidak mudah untuk menjalankan bisnis kecil, dan mimpi saja tidaklah cukup. Menurut artikel yang dirilis The New York Times, "10 Alasan Kegagalan Bisnis Kecil", hampir semua bisnis kecil yang gagal ini minim dalam praktik bisnis. Hal ini bisa dihindari jika pemilik perusahaan memiliki pendidikan dasar dalam bidang bisnis.
 
Pemilik bisnis kecil perlu mengerti praktik perekrutan terbaik, undang-undang tenaga kerja, permintaan pasar, dan akunting. Mereka harus mengetahui bagaimana cara mengelola sebuah tim karyawan, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan mampu membuat keputusan penting dalam keadaan mendesak. Baik Anda tertarik pada bisnis studio rekaman, toko pakaian, maupun kuliner, gelar sarjana sains bidang administrasi bisnis akan memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang bagaimana menjalankan sebuah usaha.
 
Manajer Sumber Daya Manusia (SDM)
Jika Anda menyukai bekerja dengan orang lain, maka gelar sarjana sains bidang administrasi bisnis akan menjadikan Anda sebagai kandidiat besar bagi setiap perusahaan yang tengah menjadi Manajer SDM. Beberapa kualitas yang dicari sebuah perusahaan dalam diri calon pelamar pada bidang Manajer SDM adalah keterampilan manajerial, keterampilan berorganisasi, merupakan seorang komunikator yang baik dan unggul ketika berbicara di depan umum, kemampuan untuk cepat menilai situasi dan membuat keputusan penting, serta kemampuan untuk mengembangkan dan memimpin tim. Semua keterampilan yang dicari oleh perusahaan tersebut merupakan bagian yang terintegrasi selama proses perkuliahan dalam menyandang predikat sarjana sains di bidang adminstrasi bisnis.
 
Posisi Manajemen
Apakah Anda sudah bekerja di sebuah pekerjaan penuh-waktu dan mencari cara untuk mendapat promosi? Maka, kembalilah ke kampus untuk menerima gelar dalam bidang bisnis sebagai investasi praktis yang akan terbayar dalam jangka panjang. Meskipun penting bagi para manajer untuk memiliki rasa yang baik dari hari-hari operasi di tempat kerja, pemilik bisnis dan eksekutif lebih memilih tingkat manajemen karyawan mereka untuk memiliki pengertian luas tentang apa yang benar-benar dibutuhkan untuk menjalankan bisnis.
 
Konsultan Manajemen
Profesi sebagai konsultan manajen merupakan salah satu alternatif pilihan bagi lulusan sarjana sains bidang administrasi bisnis. Sebagai seorang konsultan, Anda akan diminta oleh klien untuk melihat bagaimana perjuangan sebuah perusahaan dan bagaimana perusahaan tersebut beroperasi, meninjau data karyawan, teliti dalam memeriksa catatan keuangan, dan saat melakukan wawancara secara personal. Dengan begitu, nantinya Anda berpeluang untuk membuat perusahaan lebih maju.
 
Direktur Eksekutif
Untuk menjadi direktur eksekutif di sebuah perusahaan, sarjana bidang ilmu pengetahuan bisnis maupun ilmu pengetahuan administrasi bisnis adalah kuncinya. Namun, semua materi yang diterima selama kuliah harus didukung dengan pengalaman kerja dalam bidang manajerial yang tinggi.
(mrg)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 5.595 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Fresh Graduate
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1051 seconds -i170-