okezone
Home » Property » News Property
PNS Harus Punya Rumah!
Jum'at, 4 Januari 2013 - 16:41 wib
Nur Januarita Benu - Okezone
detail Contoh rumah murah bagi PNS dan MBR (Foto: Nur Januarita/Okezone) enlarge this image

JAKARTA - Pemerintah melalui Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan-Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS) mendesak Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia untuk memiliki rumah. Hal ini ditengarai oleh masih banyaknya PNS yang belum memprioritaskan kepemilikan rumah.

Kepala Pelaksana Sekretariat Tetap Bapertarum PNS Ariev Baginda Siregar mengungkapkan, pemerintah melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) dan Bapertarum PNS sebenarnya memiliki sejumlah program yang dapat dimanfaatkan oleh para PNS. Adanya bantuan uang muka dan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) merupakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan PNS.

"Kami akan terus mendorong PNS untuk memiliki rumah meskipun melalui kredit. Para PNS di Indonesia memang belum menyadari sepenuhnya bahwa kepemilikan rumah merupakan salah satu hal penting yang harus diprioritaskan," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (4/1/2013).

Menurut Ariev, kebanyakan PNS di Indonesia lebih banyak memilih kredit konsumtif untuk membeli kendaraan bermotor dan barang-barang eletronik ketimbang kredit perumahan. Hal tersebut menyebabkan repayment para PNS berkurang di pihak perbankan karena banyaknya kredit yang diambil oleh para abdi negara tersebut.

Berdasarkan data yang ada, realisasi penetrasi pasar perumahan untuk PNS yang dibeli melalui pola kredit maupun cash dari 2003 rata-rata berkisar pada angka 12 persen. Sedangkan jumlah PNS yang belum memiliki rumah sekira 30 persen dari 4,5 juta PNS yang ada.

Untuk mengurangi banyaknya PNS yang belum memiliki rumah, imbuhnya, Bapertarum PNS pada 2013 akan lebih proaktif untuk menjemput pola di pasar perumahan PNS. Pihaknya akan melakukan road show ke sekira 262 kabupaten/kota di Indonesia untuk mengajak pemerintah daerah, pengembang, dan bank untuk menawarkan perumahan kepada para PNS. Dia juga mengimbau agar PNS segera memanfaatkan bantuan yang disediakan oleh Kemenpera dan Bapertarum PNS.

"Jangan sampai PNS terkecoh oleh iklan bunga rendah KPR dari bank yang banyak ditayangkan di media. Lihat lebih teliti tanda bintang yang ada dalam iklan tersebut (syarat dan ketentuan yang berlaku-red)," tandasnya.

Lebih lanjut, Ariev menuturkan, PNS juga bisa memanfaatkan Bantuan Uang Muka (BUM) serta sebagian biaya membangun senilai total Rp15 juta, kepada PNS golongan I hingga III dan kredit lunak khusus perumahan senilai Rp13 juta yang bunganya hanya sekira enam persen. "Selain itu, mereka juga bisa menggunakan bantuan FLPP untuk membeli rumah dengan suku bunga rendah yakni hanya 7,25 persen," ujarnya. (NJB)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 512 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Rumah Murah Bagi PNS & MBR
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0843 seconds -i183-