okezone
Home » International » Timur Tengah
Rusia Dipuji Oposisi Suriah
Rabu, 30 Januari 2013 - 13:49 wib
Aulia Akbar - Okezone
detail Foto : Pasukan oposisi Suriah (IST) enlarge this image

DUBAI - Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev sebelumnya mengakui bahwa kekuatan Pemerintah Suriah makin melemah. Ucapan itu langsung disambut baik oleh pasukan oposisi Suriah (FSA). FSA menyebut ucapan Medvedev sebagai sikap baru Moskow terhadap Suriah.

"Komando Pasukan Pembebasan Suriah (FSA) memandang ucapan Perdana Menteri Rusia mengenai nasib Bashar al-Assad sebagai posisi baru Rusia terhadap krisis Suriah. FSA berharap, sikap baru Rusia akan mencepat tindakan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk menghentikan rezim Assad," ujar FSA, seperti dikutip RIA Novosti, Rabu (30/1/2013).

"Sikap baru Rusia akan memudahkan warga Suriah untuk menggulingkan Assad," tegasnya.

Selain mengakui akan pelemahan rezim Assad, Medvedev pun menegaskan kembali bahwa Rusia tidak pernah menjadi sekutu eksklusif bagi Suriah. Mereka memang menjalin kemitraan sejak Hafez al-Assad menjabat. Rusia pun menilai, transisi kekuasaan Suriah hanya dapat diputuskan oleh rakyat di negara tersebut meski demikian proses pergolakan politik di Suriah akan semakin memanas.

"Bila Assad terguling lewat revolusi, konflik antara para penerus Assad akan terjadi dan memakan waktu hingga beberapa dekade," ujar Medvedev saat diwawancarai CNN.

Pada pekan lalu, Negeri Beruang Merah itu juga melakukan evakuasi terhadap 77 warganya yang ada di Suriah. Bersamaan dengan itu, Amerika Serikat (AS) langsung mengklaim bahwa Moskow mulai kehilangan kepercayaan dengan Assad.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov langsung berkomentar mengenai klaim-klaim tersebut. Lavrov mengingatkan kembali agar seluruh pihak tidak mengalami misinterpretasi mengenai sikap Rusia terhadap konflik Suriah.

Sejauh ini, Rusia menghadapi kritik pedas dari komunitas internasional karena Rusia memblokir Resolusi DK PBB yang ditujukan untuk menekan Assad. Rusia berpendapat, seluruh pihak tidak patut memaksa Assad untuk turun jabatan karena persoalan itu merupakan isu dalam negeri Suriah. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 219 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Krisis Suriah
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1024 seconds -i189-