okezone
Home » Economy » Sektor Riil
"Siapa yang Harus Bertanggung Jawab Masalah Gula?"
Senin, 11 Februari 2013 - 14:57 wib
Iwan Supriyatna - Okezone
detail Ilustrasi. (Foto: Okezone) enlarge this image

JAKARTA - Masyarakat Indonesia saat ini tengah dihadapkan pada persoalan gula. Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Koordinator Perekonomian dalam hal ini melakukan langkah konkrit untuk mengatasi persoalan tahunan ini.

Pasalnya, harga gula sekarang sudah mulai naik dari Rp8.800 per kg menjadi Rp11.500 per kg (Pulau Jawa), harga luar Jawa Rp12.800 per kg, dan daerah  perbatasan Rp19 ribu per kg.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Daerah dan Bulog Natsir Mansyur mengatakan, disparitas harga Jawa dan luar Jawa membuat harga gula tinggi.

"Jika kita lihat saat ini Februari, sementara musim panen Mei, berarti ada ketidakcermatan pemerintah dalam menghitung neraca gula dan swasembada gula," ujar Natsir, melalui laporan tertulisnya kepada Okezone, Senin (11/2/2013).

Natsir menjelaskan, program ideal capacity pemberian impor raw sugar tidak efektif, lambat dan ada perusahaan yang justru tidak sanggup melaksanakan program tersebut, sehingga membuka peluang terjadinya  perembesan gula kristal rafinasi terutama pada daerah kawasan timur Indonesia.

"Lalu bagaimana masalah harga gula di daerah perbatasan yang sudah mencapai Rp19 ribu per kg. Padahal bangsa Indonesia di daerah perbatasan ingin juga menikmati harga gula Rp8.000 per kg, ini kan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya.

Dia menilai Kementan, Kemenperin, Kemendag, dan Kemenko perekonomian lebih menjaga harga gula di Jawa dibanding luar Jawa, sehingga disparitas harga sangat tinggi.

"Lalu siapa yang bertanggung jawab terhadap disparitas harga yang tinggi ini, ini ritual tahunan yang sering berulang dengan penanganan panik dan adhoc," tukas dia. (mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 165 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Gula
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0964 seconds -i170-