Minggu, 21 Desember 2014 Sign In | Sign Up
Lahan Olahraga di Sekolah Justru Jadi Tempat Parkir
Ilustrasi : ist.
News KampusSenin, 25 Februari 2013 - 17:53 wib

Lahan Olahraga di Sekolah Justru Jadi Tempat Parkir

Bramantyo - Okezone
SOLO – Seiring dengan meningkatnya kesejahteraan guru, kini banyak guru tidak lagi membawa motor, tetapi mengendarai mobil ke sekolah tempat mengajar. Sehingga berjajarnya mobil di area lingkungan sekolah, belakangan ini sudah menjadi hal yang umum.
 
Namun Pakar Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo M Furqon Hidyatullah menyayangkan langkah yang diambil pihak sekolah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pasalnya. pada umumnya sekolah mengorbankan lahan olahraga untuk dipakai sebagai tempat parkir mobil guru.
 
“Secara tidak langsung halaman sekolah yang biasa dimanfaatkan siswa untuk berolahraga atau kegiatan belajar lainnya, belakangan ini sudah tersita bahkan telah beralih fungsi menjadi lahan parkir,” ujar Furqon saat bertemu wartawan di Solo, Jawa Tengah, Senin (25/2/2013).
 
Meski terbilang cukup banyak lahan olahraga sekolah yang beralih fungsi menjadi tempat parkir, dia mengaku, belum memiliki data persentase yang konkret. Bahkan, Furqon menambahkan jika aksi peralihan fungsi tersebut juga terjadi di sekolah-sekolah favorit.
 
Supaya tidak berlarut-larut, lanjut Furqon, hendaknya persoalan itu perlu segera dicari solusinya. Karena bagaimanapun juga, lahan olahraga di area sekolah adalah sesuatu yang penting bagi siswa. Tidak hanya untuk kesehatan siswa, tetapi juga untuk mendorong prestasi siswa dalam bidang olahraga.
 
Hal tersebut tertuang dalam UU Nomor 3 Tahun 2005. “Siswa sebagai warga negara juga mempunyai hak untuk melakukan kegiatan olahraga dan pelayanan dalam kegiatan olahraga seperti yang tercantum dalam UU Nomor 3 Tahun 2005,” imbuhnya.
(mrg)
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA TERKAIT
    FOTO LAINNYA
    VIDEO LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    x
    Kenali New Mobile Okezone