okezone
Home » Kampus » News Kampus
Pendidikan di Indonesia Tak Mengacu Amerika
Rabu, 27 Maret 2013 - 18:53 wib
Rachmad Faisal Harahap - Okezone
detail Ilustrasi. (Foto: shutterstock) enlarge this image

JAKARTA - Kurikulum 2013 dirumuskan dalam Undang-Undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Oleh karena itu, keberadaannya tidak layak dipermasalahkan.

"Kita tidak bisa mengacu (pendidikan) pada filosofi di Amerika, kita mengacu pada UU Sisdiknas. Katanya berbasis kompetensi amanat UU, masa harus dilakukan kalau tidak melanggar UU," tutur Staf Ahli Mendikbud Bidang Sosial dan Ekonomi Pendidikan Prof. Dr. Ir. Abdullah Alkaff, M.Sc., Ph.D, di Ruang Rapat Kepala PIH, Gedung C lantai 4 Kemendikbud, Jakarta (27/3/2013).

Senada dengan yang diucapkan Abdullah, Kepala BPSDM-PMP Kemendikbud Syawal Gultom juga mengatakan jika rekonstruksi Kurikulum 2013 mengacu pada filosofi pendidikan yang esensial. "Kita rekonstruksi kompetensi mata pelajaran," tukas Syawal singkat.

Syawal mencontohkan, dalam selain akan berubah, mata pelajaran dalam Kurikulum 2013 akan disempurnakan.

"Misalnya, kompetensi Matematika jangan dikaitkan dengan sikap. Kurikulum 2013 pintu masuk untuk mempelajari sistem pendidikan, yang menjadi platformnya seperti IPS mengacu pada mata pelajaran geografi dan IPA mengacu pada biologi karena belajar biologi otomatis belajar pula fisika dan kimia," jelas Syawal.

Di sisi lain, Kurikulum 2013 ini dinilai sebagai jalan mengevaluasi guru. "Kami berharap kurikulum ini jalan masuk, sebagai evaluasi perbaikan guru. Pelatihan guru belum dilaksanakan karena butuh kesabaran," tambah Kabalitbang Kemendikbud Khairil Anwar Notodiputro. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 201 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Kurikulum 2013
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0855 seconds -i189-