okezone
Home » Kampus » News Kampus
Kuliah Ilmu Statistik Gratis di STIS, Mau?
Kamis, 9 Mei 2013 - 16:15 wib
Rachmad Faisal Harahap - Okezone
detail Ilustrasi small size

JAKARTA - Kuliah gratis langsung kerja, Perguruan Tinggi Kedinasan ini yang mungkin bermanfaat buat anak sendiri, keponakan atau anak tetangga yang ingin kuliah tapi enggak pengen membebani biaya kuliah kepada Orang Tua. Selain itu, begitu tamat kuliah, langsung ditempatkan di Kementerian atau Lembaga RI. Bagi kamu yang lulus SMA jurusan IPA dan mau kuliah ilmu statistik gratis? Coba daftar beasiswa ini.

Seperti yang dilansir dari laman Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) melalui jalur Ikatan Dinas merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan, mahasiswa mendapat tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Syaratnya, pelamar merupakan lulus Ujian Nasional (UN) SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA. Bagi lulusan sebelum tahun 2013, memiliki ijazah SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA, dan bagi calon lulusan tahun 2013 memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal atau memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional.

Selain itu, pelamar harus mendapatkan nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada kelas XII semester I (bukan hasil pembulatan dan bukan rata-rata). Untuk mata pelajaran yang terdiri dari mata pelajaran kognitif (pengetahuan) dan afektif (keterampilan), yang dilihat adalah nilai mata pelajaran kognitifnya. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS), yang dilihat adalah nilai pada semester terakhir saat mata pelajaran tersebut diselesaikan.

Kemudian, umur pelamar tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2013 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1991), tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain, dan setelah lulus bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Perlu diketahui bahwa, Jalur Ikatan Dinas yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat langsung menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a, sesuai dengan peraturan yang berlaku, untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Mahasiswa memiliki ikatan dinas selama dan setelah lulus dari pendidikan di STIS, lulusan wajib bekerja di BPS selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.

Sekedar informasi, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), semula bernama Akademik Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS kembali memanggil pemuda/pemudi Indonesia yang memiliki minat dan motivasi tinggi untuk dididik menjadi ahli statistika.

Informasi lebih lengkap bisa diperoleh dengan mengunjungi situs di www.stis.ac.id dan pendaftaran online dimulai dari tanggal 4 April-20 Mei 2013. (ahm)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 3.985 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: beasiswa
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1132 seconds -i111-