okezone
Home » Property » News Property
"Indonesia Masih Tertinggal dari Malaysia"
Sabtu, 18 Mei 2013 - 10:37 wib
Nur Januarita Benu - Okezone
detail Foto: Noe?okezone enlarge this image

JOHOR - Indonesia ternyata masih harus banyak belajar dari negeri serumpunnya Malaysia. Salah satu hal yang patut dipelajari adalah bagaimana mengembangkan sebuah kota terpadu dengan perencanaan dan pembangunan yang matang serta penuh komitmen.

Selain Kuala Lumpur, salah satu kota di Negeri Jiran yang pembangunannya bisa diteladani adalah Nusajaya yang termasuk dalam bagian kawasan Iskandar Malaysia, Johor.

Menurut Senior Associate Director Advisory & Investment Knight Frank, Fakky Ismail Hidayat, banyak hal yang bisa dicontohi dari pembangunan kota baru di Malaysia. Yang pertama perencanaan jangka panjang yang bagus, mulai dari konsep pembangunan infrastruktur dan aksi yang jelas.

"Selanjutnya mereka memiliki konsep catalyst project, berupa educity, entertainment, kreatif industri, tourism, hingga medical facility yang bertaraf internasional dan memang mampu bersaing dengan negara lain, serta semua itu terintegrasi," jelas Fakky kepada Okezone usai kunjungan ke Nusajaya, Iskandar Malaysia.
 
Hal penting lainnya, tambah dia, keberadaan infrastruktur yang memadai untuk menunjang investasi jangka panjang, seperti public road dan bukannya toll road, suplai listrik & air yang tersedia dengan baik, sampai pada pembangunan bandara baru maupun terminal feri antar negara.

"Semua itu juga bisa terwujud dengan adanya komitmen untuk benar-benar membangun. Tidak hanya asal planning. Dan satu hal lagi meskipun berdekatan dengan Singapura, mereka tidak bersaing melainkan saling melengkapi," paparnya.

Nusajaya merupakan kota terpadu mandiri yang memiliki luas area 24 ribu acre atau setara 11 ribu hektare (ha) yang dikembangkan oleh pengembang UEM Land Holdings Berhard. Di dalamnya terintegrasi berbagai proyek mulai dari residensial, kawasan pendidikan, pariwisata, rumah sakit bertaraf internasional yang ditunjang dengan memadainya infrastruktur berupa jalan publik yang menghubungkan Johor dan Singapura. (nia)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 1.323 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Pengembang Malaysia
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1055 seconds -i183-