Jum'at, 19 Desember 2014 Sign In | Sign Up
Besok, Keraton Surakarta Bagi-bagi 100 Gelar Bangsawan
Keraton Surakarta (Foto: Dok Okezone)
SoloJum'at, 31 Mei 2013 - 20:01 wib

Besok, Keraton Surakarta Bagi-bagi 100 Gelar Bangsawan

Bramantyo - Okezone
SOLO - Keraton Surakarta akan membagikan 100 gelar bangsawan kepada masyarakat yang dianggap berjasa terhadap keraton terutama kebudayaan Jawa. Salah satunya adalah Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Budi Susilo Soepandji. 

Pengageng Pariwisata dan Museum Keraton Surakarta, KP Satriyo Hadinagoro, mengungkapkan, gelar akan diberikan saat prosesi kenaikan tahta raja atau Jumenengan nanti. Gelar yang dibagikan berupa yakni Kanjeng Raden Aryo Temenggung (KRAT) kepada 11 orang. 

Selain gelar tersebut, keraton juga akan memberikan gelar atau biasa dikenal dengan istilah Kekancingan berupa bupati kepada 25 orang. Keraton juga akan memberikan gelar bupati anom kepada 12 orang, gelar panewu kepada 13 orang, gelar mantri kepada 49 orang dan gelar lurah kepada 20 orang.

“Pelaksanaan pemberian gelar akan dilakukan selama dua hari mulai besok, Sabtu 1 Juni dan Minggu 2 Juni di Bangsal Kasentanan dan Maerokoto,” papar Satriyo, Jumat (31/6/2013).

Sedangkan pemberian gelar kebangsawanan terhadap masyarat yang dianggap berjasa terhadap keraton, tidak dilakukan langsung oleh Raja Paku Buwono XIII. 

"Pemberian Kekancingan gelar akan dilakukan oleh dua petinggi keraton, yakni KGPH Puger dan KGPH Kusuma Sangkaya. Keraton sudah mempunyai protap (prosedur tetap), ada lembaga-lembaga di dalamnya. Meski tidak ada sinuhun (PB XIII), bisa tetap berjalan," pungkasnya.
(tbn)
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA TERKAIT
    FOTO LAINNYA
    VIDEO LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    x
    Kenali New Mobile Okezone