Minggu, 21 Desember 2014 Sign In | Sign Up
Bolehkah Donor Darah Saat Puasa?
Donor darah (Foto: Google)
Health UpdateJum'at, 14 Juni 2013 - 17:23 wib

Bolehkah Donor Darah Saat Puasa?

Helmi Ade Saputra - Okezone
KEBUTUHAN stok darah di Indonesia tiap tahunnya mencapai 4,8 juta kantong darah yang digunakan untuk pasien-pasien kecelakaan, ibu-ibu setelah melahirkan, dan pasien-pasien dengan kondisi medis lainnya. Kini stok kantong darah di Indonesia baru mencapai 3 juta kantong darah.

Hal ini seperti yang diungkapkan Ketua Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) Bidang Bantuan Kesehatan Sosial terutama mengenai donor darah, dr. Farid. Selain itu, menurutnya  70 persen kantong darah yang dikumpulkan PMI berasal dari pendonor sukarela.

“Indonesia tiap tahunnya membutuhkan 4,8 juta kantong darah, dan saat ini baru mencapai 3 juta kantong darah, serta 70 persen kantong darah kita kumpulkan dari pendonor sukarela, sisanya dari pendonor pengganti,” ujar dr. Farid dalam acara Tupperware A Drop for Hopes-22 Kebaikan Donor Darah, di Roppan Café, Plaza Semanggi, Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Sementara itu, menjelang bulan puasa, Wakil Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial, dr. Murdiati Umbas mengatakan stok darah pada bulan puasa dikhawatirkan tidak cukup karena memang jumlah pendonornya sedikit.

Padahal menurut MUI semua orang pada bulan puasa boleh mendonorkan darahnya, tetapi masih banyak orang belum mau, karena mungkin banyak yang merasa badannya tidak enak saat itu. Namun sebenarnya ini bisa diantisipasi dengan melakukan donor darahnya setelah buka puasa, karena PMI DKI Jakarta sendiri buka 24 jam,” tandas dr. Murdiati. (ind) (tty)
KIRIM KOMENTAR
Login untuk komentar
    BERITA TERKAIT
    FOTO LAINNYA
    VIDEO LAINNYA
    BACK TO TOP
    Available On
    x
    Kenali New Mobile Okezone