okezone
Home » International » Timur Tengah
Ini Masalah yang Sedang Dihadapi Mesir
Senin, 24 Juni 2013 - 09:28 wib
Aulia Akbar - Okezone

JAKARTA - Duta Besar Mesir untuk Indonesia Bahaa Dessouki memberikan paparan singkat mengenai permasalahan yang dihadapi negaranya belakangan ini. Seperti diketahui, pada akhir bulan ini Mesir akan menghadapi demonstrasi besar yang diadakan oleh fraksi oposisi dan fraksi pro-pemerintah.

Dessouki memaparkan masalah-masalah yang dihadapi Mesir saat diwawancarai Okezone di kantor Kedubes Mesir Jumat (21/6/2013). Dessouki pun menegaskan kembali, meski kericuhan berlangsung, Mesir tidak terpecah belah.

Bagaimana Anda mendeskripsikan dengan sikat mengenai kondisi politik di Mesir?

Tentu saja ada banyak perbedaan (dalam politik Mesir), namun mengenai peta politik Mesir, saya tidak bisa mengatakan bahwa kondisinya terpecah belah.

Tentu ada fraksi oposisi yang kurang sepaham dengan pemerintah. Kehadiran oposisi di pemerintahan tetap harus ada karena hal itu merupakan faktor pelengkap demokrasi.

Apa masalah utama dari kericuhan yang terjadi di Mesir?

Kondisi politik saat ini memang belum stabil, ada beberapa kubu oposisi yang tidak percaya dengan pemerintah. Ini akan menjadi titik yang kontroversi, mereka terkadang melihat pemerintah saat ini tidak membawa perubahan. Saya bisa mengatakan pada Anda, warga Mesir juga belum memahami demokrasi dengan baik.

Lantas, bagaimana sikap warga atas peristiwa ini?


Banyak warga Mesir yang awam demokrasi, namun saat ini mereka bisa mempelajarinya. Saya yakin, kami membutuhkan waktu untuk menyelesaikan masalah ini.

Sulit bagi satu fraksi politik Mesir untuk menguasai dan memimpin negara ini, Mesir harus dipimpin oleh seluruh komponen masyarakat. Revolusi Prancis saja dimulai dalam jangka waktu 60 tahun. Tentu saja kami masih membutuhkan waktu untuk menyetabilkan kondisi di negara kami. (AUL)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 938 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Wawancara khusus Dubes Mesir untuk RI
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.0956 seconds -i189-