okezone
Home » Food » Tips Oke
Sejuta Manfaat Jeruk Lemon untuk Rumah Anda
Selasa, 9 Juli 2013 - 22:19 wib
Johan Sompotan - Okezone
detail Lemon bisa dipakai untuk membersihkan talenan (Foto:boldsky) enlarge this image

JERUK lemon bukan sebatas untuk memberi rasa asam. Jeruk lemon bisa dipakai untuk menghilangkan kotoran usai memasak.
 
Jeruk lemon memiliki sekira lima sampai enam persen asam nitrat sehingga dianggap sebagai solusi terbaik dalam rumah tangga, khususnya dalam hal memasak maupun membersihkan rumah. Biasanya, kulit jeruk lemon dibuang usai diambil air perasannya. Padahal, kulit jeruk lemon bisa dipakai untuk membersihkan rumah.
 
Nah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa dilakukan dengan memakai jeruk lemon, seperti dilansir Boldsky:
 
Menghilangkan karat

Untuk membersihkan tembaga dan krom, Anda bisa memakai kulit lemon. Dengan memakai kulit lemon, tembaga dan krom menjadi mengkilap. Caranya, celupkan kulit jeruk lemon di dalam baking powder lalu gosokkan pada tembaga yang bernoda. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.
 
Talenan
Usai memotong sayuran maupun daging, Anda bisa menghilangkan bau busuk yang menempel di talenan dengan kulit jeruk lemon. Cara ini juga bisa membantu mengusir noda pada talenan.
 
Wastafel
Untuk membersihkan wastafel dapur, gunakan kulit lemon. Gosokkan kulit lemon pada dinding wastafel. Asam lemon akan membuang bagian karat ataupun kotoran yang menempel di dinding wastafel.
 
Microwave

Membersihkan microwave pun bisa memakai jeruk lemon. Caranya celupkan kulit lemon ke dalam air hangat kemudian gosok secara perlahan ke dinding microwave. Untuk aroma, ambil mangkuk microwave lalu isi dengan air. Beri beberapa irisan lemon di dalamnya dan nyalakan microwave selama 10 detik. Bila sudah, buka pintu microwave dan lihat hasilnya.
 
Teko Kopi

Jeruk lemon, khususnya kulit lemon pun bisa dipakai untuk menghilangkan noda pada teko kopi. Caranya, gantikan srubber untuk dipakai menghilangkan noda dengan kulit lemon. Cukup iris jeruk lemon lalu kasih garam dan taruh di dalam mangkuk kecil. Ambil kulit lemon lalu gosok pada bagian yang kotor dengan lembut, sampai nodanya menghilang. Kemudian bilas.
 
Kompor
Sehabis memasak, maka kerap kali mendapatkan noda lemak yang menempel di kompor Anda. Gunakan kulit lemon dengan baking soda. Bila sudah selesai, bersihkan minyak dengan kain yang lembut yang sudah dicelupkan ke dalam jus lemon dengan memakai air hangat. (ftr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 2.012 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Dapur
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1071 seconds -i170-