okezone
Home » Jawa Tengah » Jogja
Hujan Abu Guyur Lereng Gunung Merapi
Senin, 22 Juli 2013 - 08:17 wib
detail Hujan abu Gunung Merapi (Foto: Ridho Hidayat/Sindo TV) enlarge this image

SLEMAN - Gunung Merapi kembali mengeluarkan abu vulkanik pukul 04.15 WIB pagi tadi. Hujan abu pun menyelimuti sebagian lereng Merapi.
 
Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono, mengatakan, hasil pengamatan di lapangan, hujan abu tipis terjadi pada radius tujuh kilometer dari puncak Merapi menuju ke Kaliurang. Hujan abu tipis juga terjadi di Singlar dan Glagaharjo atau sekira sembilan kilometer dari puncak.
 
Selain itu, hujan abu juga terjadi di Deles atau berjarak enam kilometer dari puncak, Cangkringan atau mencapai 14 kilometer dari puncak, serta Balerante.
 
"Masyarakat di sekitar Merapi agar tetap tenang. Tidak terpancing isu-isu tidak jelas sumbernya. Masyarakat dan pemda agar tetap berkoordinasi dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK),” kata Surono, Senin (22/7/2013).
 
Sementara, pantauan di lapangan, sebagian warga lereng Gunung Merapi, khususnya yang tinggal di Kabupaten Sleman, sudah mulai menggunakan masker. Bahkan, beberapa penambang di daerah aliran sungai (DAS) yang berhulu di Merapi menghentikan sejenak aktivitas mereka begitu mendengar kabar tersebut.
(Ridho Hidayat/Koran SI) (ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Share Artikel : Facebook | Twitter

Dibaca 164 x  

Kirim Komentar

Berita Terkait: Gunung Merapi
more...
Berita Lainnya:
more...
« Go Back
© 2007 - 2014 okezone.com, All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.1002 seconds -i111-